Page 105 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 105

2)  Penilaian Perangkat Pembelajaran
                                Ketika    kegiatan    pra-pengembangan       peneliti   telah
                           mengembangkan       format   penilaian   Rencana     Pelaksanaan
                           Pembelajaran (RPP) melalui validasi para praktisi pendidikan. Dari
                           hasil penilaian para praktisi tersebut, format penilaian ini valid dan
                           dapat  digunakan  dengan  revisi  kecil.  Format  ini  kemudian
                           digunakan  untuk  meminta  para  praktisi  menilai  Rencana
                           Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP)  tersebut.  Penilaian  dilakukan
                           sebanyak 2 (dua) kali. yaitu pada par-ujicoba terbatas dan setelah
                           ujicoba  terbatas.  Saat  penilaian  ujicoba  terbatas  (UT),  penilaian
                           dilakukan  oleh  para  praktisi  pendidikan,  sedangkan  komponen-
                           komponen yang dinilai meliputi:
                           a)  Aspek cakupan RPP terdiri atas 2 butir soal;
                           b)  Indikator pencapaian kompetensi dasar terdiri atas 7 butir soal;
                           c)  Aspek isi dan kegiatan terdiri atas 5 butir soal;
                           d)  Aspek penggunaan bahasa terdiri atas 4 butir soal;
                           e)  Alokasi waktu yang digunakan terdiri atas 2 butir soal;
                           f)  Penilaian secara umum RPP Model Kwu-Kop.

                                Kriteria  yang  digunakan  adalah:  1  =  Kurang  Sekali;  2  =
                           Kurang; 3 = Baik; dan 4 = Baik Sekali. Hasil analisis data penilaian
                           RPP model dapat dilihat pada Tabel 7.9 dibawah ini

                                                       Tabel 7.9
                                          Data Penilaian RPP Model pada UT
                                Komponen yang dinilai            Frikuensi Nilai      Kriteria
                                                             1      2     3     4
                           Aspek Cakupan (2 butir)           0      0     3     5     B Sekali
                           Indikator Pencapaian (7 butir)    0      0    18     10     Baik
                           Isi dan Kegiatan Pembelajaran (5 butir)   0   0   16   4    Baik
                           Penggunaan Bahasa (4 butir)       0      0     7     9     B Sekali
                           Alokasi waktu (2 butir)           0      0     7     1      Baik
                                   Rerata Total Nilai                 3,37              Baik
                             Penilaian Umum terhadap RPP     Dapat digunakan dengan revisi kecil





                           96
   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110