Page 105 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 105
2) Penilaian Perangkat Pembelajaran
Ketika kegiatan pra-pengembangan peneliti telah
mengembangkan format penilaian Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) melalui validasi para praktisi pendidikan. Dari
hasil penilaian para praktisi tersebut, format penilaian ini valid dan
dapat digunakan dengan revisi kecil. Format ini kemudian
digunakan untuk meminta para praktisi menilai Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tersebut. Penilaian dilakukan
sebanyak 2 (dua) kali. yaitu pada par-ujicoba terbatas dan setelah
ujicoba terbatas. Saat penilaian ujicoba terbatas (UT), penilaian
dilakukan oleh para praktisi pendidikan, sedangkan komponen-
komponen yang dinilai meliputi:
a) Aspek cakupan RPP terdiri atas 2 butir soal;
b) Indikator pencapaian kompetensi dasar terdiri atas 7 butir soal;
c) Aspek isi dan kegiatan terdiri atas 5 butir soal;
d) Aspek penggunaan bahasa terdiri atas 4 butir soal;
e) Alokasi waktu yang digunakan terdiri atas 2 butir soal;
f) Penilaian secara umum RPP Model Kwu-Kop.
Kriteria yang digunakan adalah: 1 = Kurang Sekali; 2 =
Kurang; 3 = Baik; dan 4 = Baik Sekali. Hasil analisis data penilaian
RPP model dapat dilihat pada Tabel 7.9 dibawah ini
Tabel 7.9
Data Penilaian RPP Model pada UT
Komponen yang dinilai Frikuensi Nilai Kriteria
1 2 3 4
Aspek Cakupan (2 butir) 0 0 3 5 B Sekali
Indikator Pencapaian (7 butir) 0 0 18 10 Baik
Isi dan Kegiatan Pembelajaran (5 butir) 0 0 16 4 Baik
Penggunaan Bahasa (4 butir) 0 0 7 9 B Sekali
Alokasi waktu (2 butir) 0 0 7 1 Baik
Rerata Total Nilai 3,37 Baik
Penilaian Umum terhadap RPP Dapat digunakan dengan revisi kecil
96