Page 104 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 104
a) Teori pendukung pengembangan model, yang terdiri atas 2
butir soal;
b) Prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran model, terdiri
atas 6 butir soal;
c) Pedoman penggunaan model, terdiri atas 2 butir soal;
d) Mekanisme pelaksanaan model, terdiri atas 5 butir soal;
dan
e) Pedoman penilaian hasil belajar siswa terdiri atas 3 butir
soal
f) Penilaian secara umum Buku Panduan model.
Hasil analisis Buku Panduan model pembelajaran Kwu-Kop
pada kegiatan ujicoba terbatas (UT) dapat dilihat pada Tabel 9
dibawah ini:
Tabel 7.8
Data Penilaian Buku Panduan Model pada UT
Komponen yang dinilai Frikuensi Nilai Kriteria
1 2 3 4
Teori Pendukung (2 butir) 0 0 6 2 Baik
Prinsip Pengembangan Model (6 butir) 0 0 13 11 Baik
Pedoman Penggunaan Model (2 butir) 0 0 4 4 Baik
Prosedur Pelaksanaan Model (5 butir) 0 0 13 7 Baik
Pedoman Penilaian Hasil Belajar 0 0 8 4 Baik
Siswa (3)
Rerata Total Nilai 3,38 Baik
Penilaian Umum Model Kwu-Kop Dapat digunakan dengan revisi kecil
Dengan memperhtikan analisis data pada Tabel 7.8 di atas,
dapat disimpulakan bahwa penilaian Buku Panduan model
pembelajaran Kwu-Kop berada pada kriteria baik dan dapat
digunakan dengan revisi kecil. Sedangkan hasil analisis data
terhadap perangkat pembelajaran (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Modul Pembelajaran, Job Sheet, dan Rubrik
Penskoran Unjuk Kerja Siswa) dapat dilihat pada Tabel 7.9, Tabel
7.10, Tabel 7.11 dan Tabel 7.12.
95