Page 99 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 99
3) Pedoman penggunaan model, terdiri atas 2 butir soal;
4) Prosedur pelaksanaan model, terdiri atas 5 butir soal;
5) Pedoman penilaian Hasil Belajar Siswa, terdiri atas 3 butir soal;
6) Penilaian secara umum Buku Panduan model.
c. Hasil Penilaian Perangkat Pembelajaran Model
Pembelajaran Kwu-Kop
Pada kegiatan pra-pengembangan peneliti telah
mengembangkan format penilaian perangkat-perangkat
pembelajaran yaitu:
1) Format penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
2) Format penilaian Modul Pembelajaran;
3) Format penilaian Job Sheet; dan
4) Format penilaian Rubrik Penskoran Unjuk Kerja Siswa.
Berdasarkan hasil dari penilaian para ahli dan praktisi
pendidikan tersebut, format penilaian ini dikatakan valid dan dapat
digunakan dengan revisi kecil. Format ini kemudian digunakan
untuk meminta para ahli dan praktisi menilai Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), modul pembelajaran, job sheet dan rubrik
penskoran unjuk kerja siswa yang sudah dibuat. Penilaian
dilakukan sebanyak 2 (dua) kali, yaitu pada ujicoba terbatas (UT)
dan setelah ujicoba terbatas (Stlh-UT). Ujicoba terbatas penilaian
dilakukan oleh para ahli dan praktisi pendidikan, kemudian setelah
ujicoba terbatas penilaian dilakukan oleh guru kewirausahaan
sebagai praktisi di lapangan. Aspek-aspek yang dinilai meliputi:
1) Aspek petunjuk
2) Aspek cakupan/isi
3) Aspek indicator pencapaian kompetensi
4) Aspek waktu
5) Aspek bahasa
90