Page 99 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 99

3)  Pedoman penggunaan model, terdiri atas 2 butir soal;
                           4)  Prosedur pelaksanaan model, terdiri atas 5 butir soal;
                           5)  Pedoman penilaian Hasil Belajar Siswa, terdiri atas 3 butir soal;
                           6)  Penilaian secara umum Buku Panduan model.

                           c. Hasil    Penilaian     Perangkat      Pembelajaran       Model
                             Pembelajaran Kwu-Kop
                                Pada     kegiatan     pra-pengembangan       peneliti   telah
                           mengembangkan        format     penilaian     perangkat-perangkat
                           pembelajaran yaitu:
                           1)  Format penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
                           2)  Format penilaian Modul Pembelajaran;
                           3)  Format penilaian Job Sheet; dan
                           4)  Format penilaian Rubrik Penskoran Unjuk Kerja Siswa.

                                Berdasarkan  hasil  dari  penilaian  para  ahli  dan  praktisi
                           pendidikan tersebut, format penilaian ini dikatakan valid dan dapat
                           digunakan  dengan  revisi  kecil.  Format  ini  kemudian  digunakan
                           untuk meminta para ahli dan praktisi menilai Rencana Pelaksanaan
                           Pembelajaran  (RPP),  modul  pembelajaran,  job  sheet  dan  rubrik
                           penskoran  unjuk  kerja  siswa  yang  sudah  dibuat.  Penilaian
                           dilakukan sebanyak  2  (dua)  kali,  yaitu  pada  ujicoba  terbatas  (UT)
                           dan  setelah  ujicoba  terbatas  (Stlh-UT).  Ujicoba  terbatas  penilaian
                           dilakukan oleh para ahli dan praktisi pendidikan, kemudian setelah
                           ujicoba  terbatas  penilaian  dilakukan  oleh  guru  kewirausahaan
                           sebagai praktisi di lapangan. Aspek-aspek yang dinilai meliputi:
                           1)  Aspek petunjuk
                           2)  Aspek cakupan/isi
                           3)  Aspek indicator pencapaian kompetensi
                           4)  Aspek waktu
                           5)  Aspek bahasa






                           90
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104