Page 100 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 100
Penilaian umum terhadap perangkat pembelajaran. Kriteria
penilaian yang digunakan yaitu: 1 = Kurang Sekali; 2 = Kurang; 3 =
Baik; dan 4 = Baik Sekali. Hasil analisis data perangkat-perangkat
pembelajaran selengkapnya dapat dilihat pada Lampiran IV,
sedangkan hasil penilaian perangkat pembelajaran oleh rater dapat
dilihat pada Tabel 7.2 di bawah ini:
Tabel 7.2
Penilaian Perangkat Pembelajaran
Perangkat Pembelajaran Hasil Penilaian
Pra-UT Stlh-UT Umum
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Baik B S Dapat digunakan
Modul Pembelajaran Baik B S Dapat digunakan
Job Sheet B S B S Dapat digunakan
Rubrik Penskoran Unjuk Kerja Siswa Baik B S Dapat digunakan
Keterangan: UT = Ujicoba Terbatas BS = Baik Sekali
d. Hasil Pengembangan Model
Setelah semua instrumen model pembelajaran Kwu-Kop
dikembangkan dan memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas,
maka model dikembangkan untuk melihat keefektifan, kepraktisan
dan keterlaksanaan model tersebut di kelas. Hasil penilaian
pengembangan model tersebut dapat dilihat pada Tabel 7.3, 7.4,
7.5, 7.6, 7.7 berturut-turut di bawah ini:
Tabel 7.3
Penilaian Efektifitas Model pada Ujicoba Terbatas
Aspek yang dinilai Rata-rata Penilaian Rata-rata Keterangan
Guru Siswa
Validitas 3,50 3,75 3,63 Dapat digunakan
Reliabilitas 3,50 3,50 3,50 Dapat digunakan
Objektifitas 3,67 3,80 3,74 Dapat digunakan
Praktis 3,33 3,00 3,17 Dapat digunakan
Jumlah 3,50 3,51 3,50 Dapat digunakan
91