Page 95 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 95

2) pentingnya  pembelajaran  praktik  kewirausahaan  dengan
                               memanfaatkan     Koperasi    sekolah    untuk   meningkatkan
                               keterampilan siswa dalam berwirausaha;
                           3) guru  perlu  memperhatikan  minat  siswa  yang  ingin  praktik
                               kewirausahaan dengan memanfaatkan Koperasi sekolah
                           4) pentingnya keterlibatan guru sebagai pembimbing atau fasilitator
                               dalam  proses  pembelajaran,  baik  pada  pembelajaran  teori
                               maupun praktik
                           5) pentingnya siswa  belajar  secara mandiri  dengan menggunakan
                               modul-modul pembelajaran
                           6) pentingnya job sheet bagi siswa untuk membantu mempercepat
                               dan  memperlancar  penyelesaian  laporan  atau  tugas-tugas
                               yang diberikan oleh guru
                           7) pentingnya  kegiatan  inquiry  (menemukan)  yang  berkaiatan
                               langsung dengan pembelajaran praktik
                           8) perlunya  menghadirkan  model  seorang  entrepreneur  sukses,
                               untuk menjelaskan kiat-kiat sukses mereka
                           9) kerjasama  siswa  dalam  kelompok  perlu  diperhatikan  dalam
                               menentukan nilai akhir kompetensi siswa
                           10) perlu  merefleksikan  atau  mengapresiasikan  pengalaman
                               belajarnya, secara lisan melalui presentasi kelas
                           11) perlunya  guru  memberikan  umpan  balik  selama  proses
                               pembelajaran berlangsung
                           12) dalam  pemberian  nilai  terhadap  keterampilan  siswa  perlu
                               mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotor;
                           13) dalam  mengajar  guru  harus  berpedoman  dan  sesuai  dengan
                               Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP);
                           14) perlu  adanya  buku  panduan  praktik  yang  baku  sebagai
                               pedoman  pelaksanaan  pembelajaran  praktik  kewirausahaan
                               SMK.

                                Data  hasil  analisis  kebutuhan  pembelajaran  kewirausahaan
                           SMK dapat dilihat pada lampiran 2. Bahwa dalam pernyataan untuk




                           86
   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100