Page 93 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 93

mengembangkan  media  pembelajaran  interaktif  dan  memvalidasi
                           produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pengajaran.
                                Model  pembelajaran  yang  dikembangkan  adalah  Model
                           Pembelajaran Kewirausahaan Dengan Media Koperasi Sekolah di
                           SMK  Kelompok  Bisnis  dan  Manajemen  (Model  Kwu-Kop),  yaitu
                           merupakan suatu model pembelajaran kewirausahaan yang dapat
                           digunakan untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan siswa
                           dengan  memanfaatkan  Koperasi  sebagai  media  pembelajarannya
                           di  Sekolah  Menengah  Kejuruan.  Pengembangan  dalam  penelitian
                           ini  adalah  pengembangan  model  pembelajaran  kewirausahaan
                           lengkap  dengan  perangkatnya.  Penelitian  pengembangan  model
                           dimaksudkan  untuk  membuktikan  tingkat  efektivitas  dan  tingkat
                           keterlaksanaan  model  pembelajaran  tersebut.  Prosedur  atau
                           langkah-langkah  pengembangan  model  terdiri  atas  dua  kegiatan
                           atau  tahapan,  yaitu  tahap  pra-pengembangan  dan  tahap
                           pengembangan.
                                Berikut  dipaparkan  data-data  hasil  kegiatan  pada  pra-
                           pengembangan dan data-data hasil kegiatan pada pengembangan.

                           1.  Pra-Pengembangan
                                Pada    tahap    pra-pengembangan      mencakup     kegiatan:
                           investigasi,  desain  dan  realisasi.  Pada  investigasi  diperoleh  data-
                           data mengenai: (a) kondisi Koperasi sekolah SMK; (b) materi dan
                           metode  pembelajaran  kewirausahaan  SMK;  (c)  kompetensi  kerja
                           serta kebutuhan pembelajaran yang tepat untuk diterapkan di SMK.
                           Tahap  investigasi  awal  ini  dimaksudkan  untuk melakukan  analisis
                           kebutuhan Model Kwu-Kop yang  dikembangkan.

                           a.  Data Kompetensi Kewirausahaan di SMK
                                Sesuai  dengan  tujuan  pembelajaran  kewirausahaan  SMK
                           yaitu  dapat  meluluskan  wirausahawan  yang  terampil  dalam
                           mengelola    dan   memproduksi     barang    dan    jasa   sampai
                           kepemasarannya,  maka  dengan  pembelajaran  di  SMK  Kelompok




                           84
   88   89   90   91   92   93   94   95   96   97   98