Page 96 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 96
meningkatkan keterampilan siswa, dengan mengikuti pembelajaran
kewirausahaan yang sesuai dengan program keahliannya, perlunya
guru mengajar sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP
c. Data Perancanagan
Berdasarkan data kompetensi kewirausahaan SMK dan
kebutuhan pembelajaran kewirausahaan SMK pada tahap pra-
pengembangan, selanjutnya menjadi dasar dalam pengembangan
instruksional. Dalam pengembangan instruksional ini dimulai
dengan tahap perancangan (disign), yaitu merencanakan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai, menyusun rancangan prototype
model dan instrumen-instrumen penelitian. Prototype model yang
diwujudkan dalam bentuk Buku Panduan Model Pembelajaran Kwu-
Kop dilengkapi dengan perangkat-perangkat pembelajaran
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Modul Pembelajaran,
Job Sheet dan Perangkat Evaluasi), sedangkan instrumen-
instrumen penelitiannya adalah:
1) Instrumen pengamatan perilaku siswa selama dalam
pembelajaran
2) Instrumen aktivitas guru selama dalam pembelajaran;
3) Instrumen keefektifan Model (Respon siswa terhadap
penerapan model)
4) Instrumen keefektifan Model (Respon guru terhadap penerapan
model)
5) Instrumen keterlaksanaan model.
Modul Pembelajaran dirancang untuk siswa belajar secara
mandiri, juga sebagai acuan guru untuk mengkaji materi yang akan
didiskusikan pada saat diadakan pertemuan. Modul-1, dirancang
untuk membangun sikap dan keterampilan kewirausahaan siswa,
dimulai dari mempersiapkan pendirian Koperasi dengan
pembentukan pengurus, perijinan usaha, permodalan, fasilitas,
87