Page 101 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 101
Tabel 7.4
Penilaian Efektifitas Model pada Ujicoba Diperluas
Aspek yang Rata-rata Penilaian Rata- Keterangan
dinilai Guru Siswa rata
Validitas 3,75 4,00 3,88 Dapat digunakan
Reliabilitas 3,50 3,50 3,50 Dapat digunakan
Objektifitas 3,80 3,80 3,80 Dapat digunakan
Praktis 3,67 4,00 3,84 Dapat digunakan
Jumlah 3,68 3,83 3,75 Dapat
digunakan
Dari Tabel 7.3 dan Tabel 7.4, tampak bahwa hasil penilaian
guru maupun siswa baik pada ujicoba terbatas maupun pada
ujicoba diperluas menunjukkan bahwa model pembelajaran Kwu-
Kop sangat efektif. Kemudian hasil keterlaksanaan di kelas
menunjukkan bahwa guru dapat melaksanakan model dengan baik,
hal ini dapat dilihat pada Tabel 5 di bawah ini:
Tabel 7.5
Pengamatan Keterlaksanaan Model pada UT dan UP
Pertemuan Rata-rata (%) Keterlaksanaan Rata- Keterangan
Model rata
Ujicoba Ujicoba
Terbatas Diperluas
1 84,38 87,50 85,94 Sangat Baik
2 93,75 93,75 93,75 Sangat Baik
3 100,00 97,94 98,97 Sangat Baik
Rata-rata 92,71 93,06 92,89 Sangat Baik
Selanjutnya hasil pengamatan terhadap aktivitas guru dan
hasil pengamatan perilaku siswa selama menerapkan model
pembelajaran Kwu-Kop, menunjukkan bahwa aktivitas guru dan
perilaku siswa termasuk dalam kriteria baik, hal ini bisa dilihat pada
Tabel 7.6 dan Tabel 7.7 di bawah ini:
92