Page 101 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 101

Tabel 7.4
                                   Penilaian Efektifitas Model pada Ujicoba Diperluas
                             Aspek yang       Rata-rata Penilaian    Rata-      Keterangan
                                dinilai        Guru      Siswa       rata
                           Validitas           3,75       4,00       3,88     Dapat digunakan
                           Reliabilitas        3,50       3,50       3,50     Dapat digunakan
                           Objektifitas        3,80       3,80       3,80     Dapat digunakan
                           Praktis             3,67       4,00       3,84     Dapat digunakan
                               Jumlah          3,68       3,83       3,75         Dapat
                                                                                digunakan

                                Dari Tabel 7.3 dan Tabel 7.4, tampak bahwa hasil penilaian
                           guru  maupun  siswa  baik  pada  ujicoba  terbatas  maupun  pada
                           ujicoba  diperluas  menunjukkan  bahwa  model  pembelajaran  Kwu-
                           Kop  sangat  efektif.  Kemudian  hasil  keterlaksanaan  di  kelas
                           menunjukkan bahwa guru dapat melaksanakan model dengan baik,
                           hal ini dapat dilihat pada Tabel 5 di bawah ini:

                                                       Tabel 7.5
                                  Pengamatan Keterlaksanaan Model pada UT dan UP
                           Pertemuan    Rata-rata (%) Keterlaksanaan    Rata-    Keterangan
                                                   Model                 rata
                                          Ujicoba         Ujicoba
                                          Terbatas       Diperluas
                               1           84,38           87,50        85,94    Sangat Baik
                               2           93,75           93,75        93,75    Sangat Baik
                               3           100,00          97,94        98,97    Sangat Baik
                            Rata-rata      92,71           93,06        92,89    Sangat Baik

                                Selanjutnya  hasil  pengamatan  terhadap  aktivitas  guru  dan
                           hasil  pengamatan  perilaku  siswa  selama  menerapkan  model
                           pembelajaran  Kwu-Kop,  menunjukkan  bahwa  aktivitas  guru  dan
                           perilaku siswa termasuk dalam kriteria baik, hal ini bisa dilihat pada
                           Tabel 7.6 dan Tabel 7.7 di bawah ini:





                           92
   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106