Page 102 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 102

Tabel 7.6
                Pengamatan Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Model pada
                       Ujicoba Terbatas dan pada Ujicoba Diperluas
             Pertemuan       Rata-rata Aktivitas Guru    Rata-rata   Keterangan
                            Ujicoba         Ujicoba
                            Terbatas       Diperluas
                 1            2,83            2,99         2,91        Baik
                 2            3,06            3,17         3,12        Baik
                 3            3,18            3,30         3,24        Baik
              Rata-rata       3,02            3,15         3,09        Baik

                                         Tabel 7.7
               Pengamatan Perilaku Siswa dalam Pembelajaran Model pada
                       Ujicoba Terbatas dan pada Ujicoba Diperluas
             Pertemuan       Rata-rata Perilaku Siswa    Rata-rata   Keterangan
                            Ujicoba         Ujicoba
                            Terbatas       Diperluas
                 1            3,04            3,04         3,04        Baik
                 2            3,04            3,08         3,06        Baik
                 3            3,05            3,10         3,08        Baik
              Rata-rata       3,04            3,07         3,06        Baik


                    Seperti yang tampak pada Tabel 7.4, Tabel 7.5, Tabel 7.6,
            Tabel 7.7 dan Tabel 7.8 menunjukkan bahwa model pembelajaran
            Kwu-Kop adalah efektif, praktis dan mudah dapat dilaksanakan oleh
            guru maupun siswa di kelas.

             B. Analisis  Data

             1.  Deskripsi Hasil Ujicoba Model Pembelajaran Kwu-Kop

                  Langkah  berikutnya  sebagai  tindak  lanjut  dari  hasil  validasi
            konseptual terhadap prototype awal model pembelajaran Kwu-Kop
            dan  instrumen  penelitian,  langkah  pengembangan  berikutnya
            adalah melaksanakan ujicoba (validasi empiris), yaitu untuk menguji
            bahwa hasil dari validasi para praktisi/ilmuwan pendidikan terhadap
            model yang dikembangkan didukung dan diperkuat oleh data yang



                                                                            93
   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107