Page 102 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 102
Tabel 7.6
Pengamatan Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Model pada
Ujicoba Terbatas dan pada Ujicoba Diperluas
Pertemuan Rata-rata Aktivitas Guru Rata-rata Keterangan
Ujicoba Ujicoba
Terbatas Diperluas
1 2,83 2,99 2,91 Baik
2 3,06 3,17 3,12 Baik
3 3,18 3,30 3,24 Baik
Rata-rata 3,02 3,15 3,09 Baik
Tabel 7.7
Pengamatan Perilaku Siswa dalam Pembelajaran Model pada
Ujicoba Terbatas dan pada Ujicoba Diperluas
Pertemuan Rata-rata Perilaku Siswa Rata-rata Keterangan
Ujicoba Ujicoba
Terbatas Diperluas
1 3,04 3,04 3,04 Baik
2 3,04 3,08 3,06 Baik
3 3,05 3,10 3,08 Baik
Rata-rata 3,04 3,07 3,06 Baik
Seperti yang tampak pada Tabel 7.4, Tabel 7.5, Tabel 7.6,
Tabel 7.7 dan Tabel 7.8 menunjukkan bahwa model pembelajaran
Kwu-Kop adalah efektif, praktis dan mudah dapat dilaksanakan oleh
guru maupun siswa di kelas.
B. Analisis Data
1. Deskripsi Hasil Ujicoba Model Pembelajaran Kwu-Kop
Langkah berikutnya sebagai tindak lanjut dari hasil validasi
konseptual terhadap prototype awal model pembelajaran Kwu-Kop
dan instrumen penelitian, langkah pengembangan berikutnya
adalah melaksanakan ujicoba (validasi empiris), yaitu untuk menguji
bahwa hasil dari validasi para praktisi/ilmuwan pendidikan terhadap
model yang dikembangkan didukung dan diperkuat oleh data yang
93