Page 107 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 107

Baik  Sekali.  Hasil  analisis  data  penilaian  Job  Sheet  model
                           pembelajaran Kwu-Kop dapat dilihat pada Tabel 7.11 dibawah ini:

                                                      Tabel 7.11
                                          Data Penilaian Job Sheet  pada UT
                                 Komponen yang dinilai           Frikuensi Nilai      Kriteria
                                                             1     2      3     4
                           Aspek  Cakupan (3 butir)          0     0      6     6      Baik
                           Aspek Isi (6 butir)               0     0     15     9      Baik
                           Penggunaan Bahasa (4 butir)       0     0      4     12    B Sekali
                                   Rerata Total Nilai                 3,54            B Sekali
                            Penilaian Umum terhadap Job Sheet   Dapat digunakan dengan revisi kecil

                                Dengan memperhatikan Tabel 7.11 di atas, dapat disimpulkan
                           bahwa penilaian terhadap Job Sheet model pembelajaran Kwu-Kop
                           masuk  dalam  kategori  baik  dan  dapat  digunakan  dengan  revisi
                           kecil.  Sedangkan  untuk  penilaian  rubrik  penskoran  unjuk  kerja
                           siswa oleh para praktisi pendidikan, dapat dilihat pada Tabel 7.12.
                           Rubrik digunakan untuk menskor atau menilai kualitas unjuk kerja
                           siswa  secara  keseluruhan  selama  dalam  proses  model
                           pembelajaran Kwu-Kop.
                                Rubrik  memuat  daftar  performance  (unjuk  kerja)  yang  akan
                           diukur  pada  setiap  tahap  model  pembelajaran  Kwu-Kop.  Dengan
                           komponen-komponen  yang  dinilai  meliputi:  (a)  Aspek  petunjuk
                           terdiri atas 4 butir soal; (b) Aspek cakupan terdiri atas 4 butir soal;
                           (c)  Aspek  penggunaan  bahasa  terdiri  atas  2  butir  soal;  dan  (d)
                           Penilaian  secara  umum  terhadap  Rubrik  Penskoran  unjuk  Kerja
                           Siswa Model Kwu-Kop.  Kriteria yang digunakan yaitu: 1 = Kurang
                           Sekali 2 = Kurang, 3 = Baik, dan 4 = Baik Sekali. Hasil analisis data
                           selengkapnya penilaian Rubrik Penskoran Unjuk Kerja Siswa model
                           pembelajaran Kwu-Kop dapat dilihat pada Tabel 7.12 dibawah ini:







                           98
   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112