Page 107 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 107
Baik Sekali. Hasil analisis data penilaian Job Sheet model
pembelajaran Kwu-Kop dapat dilihat pada Tabel 7.11 dibawah ini:
Tabel 7.11
Data Penilaian Job Sheet pada UT
Komponen yang dinilai Frikuensi Nilai Kriteria
1 2 3 4
Aspek Cakupan (3 butir) 0 0 6 6 Baik
Aspek Isi (6 butir) 0 0 15 9 Baik
Penggunaan Bahasa (4 butir) 0 0 4 12 B Sekali
Rerata Total Nilai 3,54 B Sekali
Penilaian Umum terhadap Job Sheet Dapat digunakan dengan revisi kecil
Dengan memperhatikan Tabel 7.11 di atas, dapat disimpulkan
bahwa penilaian terhadap Job Sheet model pembelajaran Kwu-Kop
masuk dalam kategori baik dan dapat digunakan dengan revisi
kecil. Sedangkan untuk penilaian rubrik penskoran unjuk kerja
siswa oleh para praktisi pendidikan, dapat dilihat pada Tabel 7.12.
Rubrik digunakan untuk menskor atau menilai kualitas unjuk kerja
siswa secara keseluruhan selama dalam proses model
pembelajaran Kwu-Kop.
Rubrik memuat daftar performance (unjuk kerja) yang akan
diukur pada setiap tahap model pembelajaran Kwu-Kop. Dengan
komponen-komponen yang dinilai meliputi: (a) Aspek petunjuk
terdiri atas 4 butir soal; (b) Aspek cakupan terdiri atas 4 butir soal;
(c) Aspek penggunaan bahasa terdiri atas 2 butir soal; dan (d)
Penilaian secara umum terhadap Rubrik Penskoran unjuk Kerja
Siswa Model Kwu-Kop. Kriteria yang digunakan yaitu: 1 = Kurang
Sekali 2 = Kurang, 3 = Baik, dan 4 = Baik Sekali. Hasil analisis data
selengkapnya penilaian Rubrik Penskoran Unjuk Kerja Siswa model
pembelajaran Kwu-Kop dapat dilihat pada Tabel 7.12 dibawah ini:
98