Page 108 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 108
Tabel 7.12
Data Penilaian Rubrik Penskoran Unjuk Kerja Siswa pada UT
Komponen yang dinilai Frikuensi Nilai Kriteria
1 2 3 4
Aspek Petunjuk (2 butir) 0 0 6 2 Baik
Aspek Cakupan (4 butir) 0 0 11 5 Baik
Penggunaan Bahasa (2 butir) 0 0 2 6 B Sekali
Rerata Total Nilai 3,44 Baik
Penilaian Umum Rubrik Penskoran Dapat digunakan dengan revisi kecil
Dengan memperhatikan Tabel 7.12 di atas, dapat disimpulkan
bahwa penilaian terhadap Rubrik Penskoran unjuk Kerja Siswa
model pembelajaran Kwu-Kop masuk dalam kategori baik dan
dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil penilaian dan masukan-
masukan dari ujicoba terbatas ini dijadikan dasar untuk merevisi
Buku Panduan Model Pembelajaran Kwu-Kop dan perangkatnya.
b. Data Setelah Ujicoba Terbatas (Stlh-UT)
Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, bahwa
penilaian setelah ujicoba terbatas (Stlh-UT) dilakukan oleh guru
kewirausahaan sebagai praktisi di lapangan. Kegiatan ujicoba
terbatas ini dilaksanakan 5 (lima) kali, satu kali pertemuan dikelas
pengenalan Model, tiga kali praktik dilapangan (di Koperasi SMK),
dan satu kali lagi pertemuan dikelas untuk presentasi hasil
dilapanagan dan umpan balik.
Pada saat pertemuan pertama dikelas siswa dijelaskan
tentang tujuan dan penerapan Model, serta penjelasan tentang
strategi yang digunakan dalam pembelajaran nanti dan sesuai
dengan apa yang tertuang pada Buku Panduan bahwa model
pembelajaran Kwu-Kop ini dilaksanakan pada kegiatan
ekstrakurikuler. Pada saat yang sama juga siswa dibagikan modul
pembelajaran kewirausahaan dan job sheet, sedangkan gurunya
diberikan Buku panduan Model Pembelajaran Kwu-Kop lengkap
99