Page 111 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 111
Tabel 7.17
Data Penilaian Rubrik Penskoran Unjuk Kerja Siswa Setelah UT
Komponen yang dinilai Frikuensi Nilai Kriteria
1 2 3 4
Aspek Petunjuk (2 butir) 0 0 2 2 Baik
Aspek Cakupan (4 butir) 0 0 3 5 B Sekali
Penggunaan Bahasa (2 butir) 0 0 1 3 B Sekali
Rerata Total Nilai 3,63 B Sekali
Penilaian Umum Rubrik Penskoran Dapat digunakan dengan revisi kecil
Dari analisis data penilaian setelah ujicoba terbatas Buku
Panduan Model Pembelajaran Kwu-Kop, Penilaian Perencanaan
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Modul Pembelajaran, Job Sheet
dan Rubrik Penskoran Unjuk Kerja Siswa dinyatakan dalam
kategori baik dan dapat digunakan dengan revisi kecil.
2) Data Keefektifan Model
Dalam kegiatan ujicoba terbatas setelah kegiatan
pembelajaran selesai, peneliti membagikan angket untuk melihat
sejauh mana respon siswa dan respon guru terhadap penerapan
model. Respon ini menjadi salah satu indikator keefektifan model.
Hasil respon bersifat positif dan negatif, Model pembelajaran Kwu-
Kop dikatakan efektif apabila para pengguna memberi tanggapan
positif (baik) terhadap penerapan model tersebut. Berdasarkan hasil
analisis data respon siswa dan respon guru terhadap penerapan
Model menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Kwu-
Kop adalah positif, maka tentu saja model yang dikembangkan
dapat digunakan dalam pembelajaran kewirausahaan di
SMK.Secara grafis hasil analisis data keefektifan Model disajikan
pada Gambar 7.1 di bawah ini:
102