Page 111 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 111

Tabel 7.17
                            Data Penilaian Rubrik Penskoran Unjuk Kerja Siswa Setelah UT
                                Komponen yang dinilai            Frikuensi Nilai      Kriteria
                                                              1     2     3     4
                           Aspek Petunjuk (2 butir)           0     0     2     2      Baik
                           Aspek  Cakupan (4 butir)           0     0     3     5     B Sekali
                           Penggunaan Bahasa (2 butir)        0     0     1     3     B Sekali
                                   Rerata Total Nilai                 3,63           B Sekali
                           Penilaian Umum Rubrik Penskoran   Dapat digunakan dengan revisi kecil

                                Dari  analisis  data  penilaian  setelah  ujicoba  terbatas  Buku
                           Panduan  Model  Pembelajaran  Kwu-Kop,  Penilaian  Perencanaan
                           Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Modul Pembelajaran, Job Sheet
                           dan  Rubrik  Penskoran  Unjuk  Kerja  Siswa  dinyatakan  dalam
                           kategori baik dan dapat digunakan dengan revisi kecil.

                           2)  Data Keefektifan Model
                                Dalam     kegiatan   ujicoba   terbatas   setelah    kegiatan
                           pembelajaran  selesai,  peneliti  membagikan  angket  untuk  melihat
                           sejauh  mana  respon  siswa  dan  respon  guru  terhadap  penerapan
                           model. Respon ini menjadi salah satu indikator keefektifan model.
                           Hasil respon bersifat positif dan negatif, Model pembelajaran Kwu-
                           Kop  dikatakan  efektif  apabila  para  pengguna  memberi  tanggapan
                           positif (baik) terhadap penerapan model tersebut. Berdasarkan hasil
                           analisis  data  respon  siswa  dan  respon  guru  terhadap  penerapan
                           Model  menunjukkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran  Kwu-
                           Kop  adalah  positif,  maka  tentu  saja  model  yang  dikembangkan
                           dapat   digunakan    dalam    pembelajaran    kewirausahaan     di
                           SMK.Secara  grafis  hasil  analisis  data  keefektifan  Model  disajikan
                           pada Gambar 7.1 di bawah ini:








                           102
   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116