Page 116 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 116
hasil analisis data perilaku siswa secara grafis dapat dilihat pada
Gambar 7.4 di bawah ini:
Gambar 7.4
Grafik Garis Data Pengamatan Perilaku Siswa pada UT
Dari Gambar 7.4 hasil analisis data pengamatan perilaku
siswa dalam proses pembelajaran yang diamati sebanyak 3 (tiga)
kali, ternyata menunjukkan peningkatan walupun relatif kecil dari
pertemuan pertama sampai pertemuan yang terakhir. Dengan
melihat hasil analisis data pengamatan aktivitas guru dan perilaku
siswa dalam proses pembelajaran sebagaimana dijelaskan di atas,
maka dapat dideskripsikan bahwa model pembelajaran Kwu-Kop ini
efektif, praktis, mudah dilakukan dan bisa meningkatkan
keterampilan siswa untuk berwirausaha.
c. Ujicoba Diperluas
Kegiatan selanjutnya adalah analisis data hasil ujicoba
diperluas, ujicoba diperluas ini merupakan tindak lanjut dari ujicoba
terbatas. Ujicoba diperluas merupakan uji validasi terhadap
prototype model yang telah dievaluasi dan direvisi pada ujicoba
107