Page 116 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 116

hasil  analisis  data  perilaku  siswa  secara  grafis  dapat  dilihat  pada
            Gambar 7.4 di bawah ini:






















                                       Gambar  7.4
                  Grafik Garis Data Pengamatan Perilaku Siswa pada UT

                    Dari  Gambar  7.4  hasil  analisis  data  pengamatan  perilaku
            siswa dalam proses pembelajaran yang diamati sebanyak 3 (tiga)
            kali,  ternyata  menunjukkan  peningkatan  walupun  relatif  kecil  dari
            pertemuan  pertama  sampai  pertemuan  yang  terakhir.  Dengan
            melihat hasil analisis data pengamatan aktivitas guru dan perilaku
            siswa dalam proses pembelajaran sebagaimana dijelaskan di atas,
            maka dapat dideskripsikan bahwa model pembelajaran Kwu-Kop ini
            efektif,  praktis,  mudah  dilakukan  dan  bisa  meningkatkan
            keterampilan siswa untuk berwirausaha.

            c.  Ujicoba Diperluas
                    Kegiatan  selanjutnya  adalah  analisis  data  hasil  ujicoba
            diperluas, ujicoba diperluas ini merupakan tindak lanjut dari ujicoba
            terbatas.  Ujicoba  diperluas  merupakan  uji  validasi  terhadap
            prototype  model  yang  telah  dievaluasi  dan  direvisi  pada  ujicoba




                                                                           107
   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121