Page 117 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 117

sebelumya,  sehingga  model  tersebut  dikatakan  sudah  memenuhi
                           kriteria valid dan efektif seperti yang diharapkan.
                                Ujicoba  diperluas  dilaksanakan  di  3  (tiga)  sekolahan,  yaitu
                           SMKN-2  Palangkaraya,  SMK  YPSEI  Palangkaraya dan  SMK  Isen
                           Mulang Palangkaraya dan kegiatan di setiap sekolah dilaksanakan
                           dalam  5  (lima)  kali  pertemuan.  Seperti  pada  ujicoba  sebelumnya,
                           salah  satu  tahap  kegiatan  penting  yang  perlu  dilakukan  sebelum
                           kegiatan  ujicoba  adalah  memberikan  penjelasan  dan  pembekalan
                           bagi  para  siswa  dan  guru  bagaimana  langkah-langkah penerapan
                           model pembelajaran Kwu-Kop beserta perangkatnya.
                                Seperti pada langkah ujicoba sebelumnya, maka setiap pihak
                           baik guru maupun siswa dibekali dengan perangkat sesuai dengan
                           peran  masing-masing,  yaitu:  (a)  Setiap  siswa  dibagikan  dengan
                           modul pembelajaran dan job sheet; (b) Setiap guru juga dibagikan
                           dengan  buku  panduan  model  lengkap  dengan  perangkatnya
                           pembelajarannya yaitu: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),
                           modul  pembelajaran,  job  sheet,  dan  perangkat  evaluasi);  dan  (c)
                           Pada  setiap  pengamat  dibagikan  juga  dengan  lembar-lembar
                           pengamatan sesuai dengan keperluan. Para pengamat ditargetkan
                           dapat  melakukan  pengamatan  aktivitas  guru  dalam  proses
                           pembelajaran,  aktivitas  siswa  dalam  proses  pembelajaran,  dan
                           pengamatan  keterlaksanaan  model  selama  proses  pembelajaran
                           berlangsung.

                           1)  Analisis Keefektifan Model Pembelajaran Kwu-Kop
                                Pada    ujicoba   sebelumnya     dikatakan   bahwa     model
                           pembelajaran Kwu-Kop dikatakan efektif apabila memenuhi 3 (tiga)
                           kriteria  yaitu:  (a)  Guru  dan  siswa  memberi  respon  yang  positip
                           terhadap  penerapan  model  pembelajaran  Kwu-Kop;  (b)  Aktivitas
                           meningkat  dengan  ditandai  meningkatnya  kualitas  proses
                           pembelajaran  sehingga  siswa  termotivasi  positif;  (c)  Guru
                           melakukan bimbingan yang semakin intensif.





                           108
   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122