Page 98 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 98
Dari hasil penilaian para praktisi tersebut, dikatakan bahwa
penilaian Buku Panduan model dikatakan valid dan dapat
digunakan dengan revisi kecil. Lembar penilaian ini kemudian
digunakan untuk meminta para praktisi menilai Buku Panduan
model Pembelajaran Kwu-Kop yang dikembangkan. Penilaian
dilakukan sebanyak 2 (dua) kali, yaitu pada: Ujicoba Terbatas untuk
memudahkan disingkat (UT) dan Setelah ujicoba terbatas disingkat
(Stlh-UT).
Penilaian dilakukan oleh 4 (empat) orang praktisi pendidikan
dan 4 (empat) orang praktisi lapangan (guru). sedangkan
rangkuman hasil penilaian Buku Panduan model oleh penilai
disajikan dalam Tabel 7.1 sebagai berikut:
Tabel 7.1
Penilaian Buku Panduan Model
Aspek yang dinilai Hasil Penilaian
Pra-UT Stlh-UT
Teori Pendukung Baik Baik Sekali
Prinsip Pengembangan model Baik Baik
Pedoman Penggunaan model Baik Baik
Mekanisme Pelaksanaan model Baik Baik Sekali
Pedoman Penilaian Hasil belajar Siswa Baik Baik
Penilaian Umum Buku Panduan Model Baik Baik Sekali
Keterangan:
UT = Ujicoba Terbatas
1 = Kurang Sekali (0,50 – 1,50)
2 = Kurang (1,51 – 2,50)
3 = Baik (2,51 – 3,50)
4 = Baik sekali (BS) (3,51 – 4,00)
Pada ujicoba terbatas penilaian dilakukan oleh praktisi
pendidikan, kemudian setelah ujicoba terbatas penilaian dilakukan
oleh guru kewirausahaan sebagai praktisi di lapangan. Aspek-
aspek yang dinilai meliputi:
1) Teori pendukung model, terdiri atas 2 butir soal;
2) Prinsip-prinsip pembelajaran model, terdiri atas 6 butir soal;
89