Page 98 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 98

Dari  hasil  penilaian  para  praktisi  tersebut,  dikatakan  bahwa
            penilaian  Buku  Panduan  model  dikatakan  valid  dan  dapat
            digunakan  dengan  revisi  kecil.  Lembar  penilaian  ini  kemudian
            digunakan  untuk  meminta  para  praktisi  menilai  Buku  Panduan
            model  Pembelajaran  Kwu-Kop  yang  dikembangkan.  Penilaian
            dilakukan sebanyak 2 (dua) kali, yaitu pada: Ujicoba Terbatas untuk
            memudahkan disingkat (UT) dan Setelah ujicoba terbatas disingkat
            (Stlh-UT).
                  Penilaian dilakukan oleh 4 (empat) orang praktisi pendidikan
            dan  4  (empat)  orang  praktisi  lapangan  (guru).  sedangkan
            rangkuman  hasil  penilaian  Buku  Panduan  model  oleh  penilai
            disajikan dalam Tabel 7.1 sebagai berikut:

                                         Tabel 7.1
                              Penilaian Buku Panduan Model
                           Aspek yang dinilai            Hasil Penilaian
                                                      Pra-UT     Stlh-UT
                  Teori Pendukung                      Baik     Baik Sekali
                  Prinsip Pengembangan model           Baik       Baik
                  Pedoman Penggunaan model             Baik       Baik
                  Mekanisme Pelaksanaan model          Baik     Baik Sekali
                  Pedoman Penilaian Hasil belajar Siswa   Baik    Baik
                  Penilaian Umum Buku Panduan Model    Baik    Baik Sekali
                      Keterangan:
                      UT = Ujicoba Terbatas
                      1 = Kurang Sekali       (0,50 – 1,50)
                      2 = Kurang                  (1,51 – 2,50)
                      3 = Baik                       (2,51 – 3,50)
                      4 = Baik sekali (BS)    (3,51 – 4,00)

                  Pada  ujicoba  terbatas  penilaian  dilakukan  oleh  praktisi
            pendidikan, kemudian setelah ujicoba terbatas penilaian dilakukan
            oleh  guru  kewirausahaan  sebagai  praktisi  di  lapangan.  Aspek-
            aspek yang dinilai meliputi:
             1)  Teori pendukung model, terdiri atas 2 butir soal;
             2)  Prinsip-prinsip pembelajaran model, terdiri atas 6 butir soal;



                                                                            89
   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103