Page 124 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 124
Berdasarkan hasil analisis data keefektifan dan hasil analisis
data keterlaksanaan model pembelajaran Kwu-Kop, baik pada
ujicoba terbatas (UT) maupun pada ujicoba diperluas (UP)
menunjukkan bahwa model pembelajaran Kwu-Kop dapat berfungsi
dengan baik untuk menumbuhkan keterampilan kewirausahaan
siswa SMK.
1. Revisi Produk
Revisi produk penting untuk dilaksanakan supaya capaian
penelitian sesuai dengan rancangan penelitian, dan tujuan tercapai
yaitu menghasilkan model pembelajaran yang mampu membentuk
dan menumbuhkan minat dan keterampilan siswa SMK untuk
berwirausaha. Revisi dilakukan sebanyak 2 (dua) kali yaitu: revisi
sebelum ujicoba terbatas dan setelah ujicoba terbatas. Sumbang
saran dan masukan dari Focus Group Discussion (FGD), serta
analisis data yang diperoleh pada hasil ujicoba menjadi dasar
peneliti untuk melakukan revisi model pembelajaran Kwu-Kop yang
akan dikembangkan beserta perangkatnya secara keseluruhan,
baik dari segi tampilan, segi isi serta segi bahasa yang merupakan
satu kesatuan. Secara umum masukan dan saran yang menjadi
dasar perbaikan dalam penerapan model pembelajaran Kwu-Kop
yang dapat kami himpun adalah sebagai berikut:
a. Revisi Sebelum Ujicoba
1) Range skor penilaian umum terhadap model pembelajaran
Kwu-Kop baik pada format penilaian model maupun pada
lembar validasi model, supaya menggunakan angka bukan
huruf, dengan alasan agar lebih objektif.
2) Modul pembelajaran agar lebih disederhanakan, agar lebih
mudah dan lebih praktis untuk dipelajari dan dipahami oleh
siswa.
3) Tahapan-tahapan pelaksanaan model pembelajaran Kwu-
Kop agar disesuaikan dengan Rancangan Pelaksanaan
115