Page 124 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 124

Berdasarkan hasil analisis data keefektifan dan hasil analisis
            data  keterlaksanaan    model  pembelajaran  Kwu-Kop,  baik  pada
            ujicoba  terbatas  (UT)  maupun  pada  ujicoba  diperluas  (UP)
            menunjukkan bahwa model pembelajaran Kwu-Kop dapat berfungsi
            dengan  baik  untuk  menumbuhkan  keterampilan  kewirausahaan
            siswa SMK.

            1.  Revisi Produk
                    Revisi  produk  penting  untuk  dilaksanakan  supaya  capaian
            penelitian sesuai dengan rancangan penelitian, dan tujuan tercapai
            yaitu menghasilkan model pembelajaran yang mampu membentuk
            dan  menumbuhkan  minat  dan  keterampilan  siswa  SMK  untuk
            berwirausaha.  Revisi  dilakukan  sebanyak  2  (dua)  kali  yaitu:  revisi
            sebelum  ujicoba  terbatas  dan  setelah  ujicoba  terbatas.  Sumbang
            saran  dan  masukan  dari  Focus  Group  Discussion  (FGD),  serta
            analisis  data  yang  diperoleh  pada  hasil  ujicoba  menjadi  dasar
            peneliti untuk melakukan revisi model pembelajaran Kwu-Kop yang
            akan  dikembangkan  beserta  perangkatnya  secara  keseluruhan,
            baik dari segi tampilan, segi isi serta segi bahasa yang merupakan
            satu  kesatuan.  Secara  umum  masukan  dan  saran  yang  menjadi
            dasar  perbaikan  dalam  penerapan  model  pembelajaran  Kwu-Kop
            yang dapat kami himpun adalah sebagai berikut:

            a.  Revisi Sebelum Ujicoba
                1)  Range skor penilaian umum  terhadap model pembelajaran
                    Kwu-Kop  baik  pada  format  penilaian  model  maupun  pada
                    lembar validasi model, supaya menggunakan angka bukan
                    huruf, dengan alasan agar lebih objektif.
                2)  Modul pembelajaran agar lebih disederhanakan, agar lebih
                    mudah dan lebih praktis untuk dipelajari dan dipahami oleh
                    siswa.
                3)  Tahapan-tahapan  pelaksanaan  model  pembelajaran  Kwu-
                    Kop  agar  disesuaikan  dengan  Rancangan  Pelaksanaan



                                                                           115
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129