Page 58 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 58

Hakikat Interaksi Sosial

                                             Interaksi     sosial     pada
                                             umumnya           merupakan
                                             kebutuhan  setiap  manusia.
                                             Setiap  manusia  merupakan
                                             mahluk sosial, maka dari itu
                                             setiap mereka membutuhkan
                                             interaksi dengan sesamanya.
                                             Sehingga  manusia  dapat
                                             bertahan hidup. Dan seiring
                                             dengan  berjalannya  waktu
            tingkat kebutuhan akan adanya interaksi sosial pun semakin
            meningkat.  Dan  media  untuk  berinteraksi  pun  semakin
            banyak. Masing-masing orang memiliki motivasinya sendiri
            dalam  melakukan  interaksi  sosial.  Menurut  seorang  ahli
            sosiologi Herbert Blumer (Xiao, 2018) ada tiga prinsip utama
            dari  sebuah  interaksi,  yaitu  tentang  pemaknaan  (meaning),
            bahasa  (language),  dan  pikiran  (thought).  Penelitian  ini
            menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam
            penelitian  ditemukan  bahwa,  dalam  berkenalan  atau
            melakukan interaksi sosial masih banyak orang yang senang
            untuk melakukannya secara langsung atau face to face.
                  Penggunaan  sosial  media  hanyalah  sebagai  tambahan
            alternatif,  ketika  mereka  tidak  dapat  menjangkau  lawan
            bicaranya  secara  langsung.  Jika  kita  ingin  memahami
            seorang  pelaku,  maka  kita  semestinya  men-dasarkan
            pemahaman  itu  pada  apa  yang  mereka  laku-kan.  Tiga  hal
            yang  sangat  penting  mengenai  konstruksi  teori  Interaksi
            Simbolik.






                                  Context Communication: the sosiology of culture   51
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63