Page 13 - Sistem Akuntansi
P. 13

Sistem  akuntansi  mencatat,  menyimpan,  dan  mereproduksi
                           informasi keuangan yang berkaitan dengan: arus transaksi keuangan
                           dan  pobagian  keuangan.  Arus  transaksi  keuangan  meliputi  arus
                           masuk karena pendapatan dan arus keluar karena beban. Elemen dari
                           pobagian  keuangan,  termasuk  properti,  uang  yang  diterima,  atau
                           uang  yang  dibelanjakan,  ditugaskan  ke  salah  satu  dari:  kelompok
                           utama, yaitu aset, kewajiban, dan ekuitas. Dalam kelompok utama
                           ini  masing-masing  aset  khusus,  kewajiban,  pendapatan  dan  beban
                           diwakili oleh masing-masing "akun". Sebuah akun hanyalah catatan
                           arus masuk dan arus keluar keuangan sehubungan dengan masing-
                           masing  aset,  kewajiban,  pendapatan  atau  beban.  Akun  pendapatan
                           dan beban dianggap sebagai akun sementara, karena mereka hanya
                           mewakili  arus  masuk  dan  arus  keluar  yang  diserap  dalam  elemen
                           pembagian  keuangan  pada  penyelesaian  periode  waktu  (Akbaba,
                           2012).
                                Manfaat  dari  ketersediaan  informasi  akuntansi  bisnis,
                           kesetaraan penting adalah ketersediaan akuntansi yang memfasilitasi
                           solusi  atau  resolusi  dari  perencanaan  bisnis,  organisasi  dan  fungsi
                           kontrol perusahaan sebagai organisasi sosial. Sebagian besar pemilik
                           perusahaan skala kecil lebih memilih untuk merekrut personel yang
                           tidak  terampil  terutama  juru  tulis  dan  staf  akuntansi.  Menurut
                           Gilmore & Pine (Bouwens & Abernethy, 2000) untuk membedakan
                           produk dan layanan dari pesaing, semakin banyak perusahaan, baik
                           besar  maupun  kecil,  mengejar  strategi  responsif  pelanggan  seperti
                           kustomisasi  atau  fleksibilitas  manufaktur.  Pengejaran  strategi
                           tersebut  menimbulkan  tantangan  yang  signifikan  bagi  pengelolaan
                           perusahaan  ini  khususnya  dalam  desain  struktur  yang  sesuai  dan
                           sistem informasi (Abernethy et al., 2001).
                                Ketika  memfokuskan  pikiran  pada  organisasi  bisnis,  banyak
                           pertanyaan  (apakah  bisnis  kami  menguntungkan,  haruskah  lini
                           produk  baru?  diperkenalkan,  apakah  penjualannya  cukup,  dll.).




                           6
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18