Page 114 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 114

Fathul Zannah |
                     Implementasi  nilai-nilai  karakter  pada  proses
                  pembelajaran  diharapkan  lebih  mengutamakan  kepada
                  enam  kualitas  karakter  yang  paling  tinggi  seperti  yang
                  telah disebutkan sebelumnya. Penerapan pada kegiatan
                  pembelajaran salah satunya pada pembelajaran tematik
                  pada  jenjang  SD  sebagai  tahapan  awal  pembentukan
                  karakter peserta didik melalui jenjang pendidikan.
               C.  Pendidikan  Karakter  pada  Pembelajaran  Tematik

                  dalam Konteks Merdeka Belajar

                  Kegiatan  pembelajaran  yang  merujuk  kepada  konsep
               merdeka    belajar   memiliki   makna   bahwa   adanya
               “kemerdekaan”  oleh  guru  atau  peserta  didik  dalam
               melaksanakan    kegiatan  pembelajaran.   Permasalahan
               pembelajaran  khususnya  pembelajaran  tematik  pada
               jenjang SD selama ini yaitu terlalu terikat kepada buku ajar
               yang  tersedia,  sehingga  menyebabkan  guru  dan  peserta
               didik  kurang  merdeka  dalam  mengembangkan  kegiatan
               pembelajaran.
                  Pelaksanaan  pembelajaran  tematik  pada  jenjang  SD
               pada   hakikatnya   bertujuan   supaya   materi   yang
               disampaikan  menjadi  lebih  bermakna  bagi  peserta  didik
               karena  penyampaian  materi  berdasarkan  tema-tema
               tertentu.  Penentuan  tema  pada  pembelajaran  tematik
               berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik yang
               terintegrasi dengan beberapa materi pelajaran yang relevan
               dengan tema.
                  Pada  konteks  merdeka  belajar  khususnya  pada
               pembelajaran  tematik,  hendaknya  guru  dan  peserta  didik
               memiliki  keleluasaan  dalam  mengembangkan  kegiatan


                                        105
   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119