Page 114 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 114
Fathul Zannah |
Implementasi nilai-nilai karakter pada proses
pembelajaran diharapkan lebih mengutamakan kepada
enam kualitas karakter yang paling tinggi seperti yang
telah disebutkan sebelumnya. Penerapan pada kegiatan
pembelajaran salah satunya pada pembelajaran tematik
pada jenjang SD sebagai tahapan awal pembentukan
karakter peserta didik melalui jenjang pendidikan.
C. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik
dalam Konteks Merdeka Belajar
Kegiatan pembelajaran yang merujuk kepada konsep
merdeka belajar memiliki makna bahwa adanya
“kemerdekaan” oleh guru atau peserta didik dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran. Permasalahan
pembelajaran khususnya pembelajaran tematik pada
jenjang SD selama ini yaitu terlalu terikat kepada buku ajar
yang tersedia, sehingga menyebabkan guru dan peserta
didik kurang merdeka dalam mengembangkan kegiatan
pembelajaran.
Pelaksanaan pembelajaran tematik pada jenjang SD
pada hakikatnya bertujuan supaya materi yang
disampaikan menjadi lebih bermakna bagi peserta didik
karena penyampaian materi berdasarkan tema-tema
tertentu. Penentuan tema pada pembelajaran tematik
berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik yang
terintegrasi dengan beberapa materi pelajaran yang relevan
dengan tema.
Pada konteks merdeka belajar khususnya pada
pembelajaran tematik, hendaknya guru dan peserta didik
memiliki keleluasaan dalam mengembangkan kegiatan
105