Page 109 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 109
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
Berdasarkan tiga aliran filosofi yang melandasi
pembelajaran tematik tersebut, pembelajaran tematik
hendaknya tidak hanya berfokus kepada ranah kogntif
berupa penguasaan konsep pada jenjang SD, namun juga
menjadi wadah bagi perkembangan pada ranah afektif
dan pada ranah psikomotorik. Pemenuhan pencapaian
pada ketiga ranah tersebut bertujuan untuk mencapai
tujuan pembelajaran secara holistik. Pembelajaran
holistik bertujuan untuk menciptakan peserta didik yang
tidak hanya pandai secara intelektual, namun juga
memiliki keterampilan yang dapat menunjang
implementasi dari pengetahuan yang dimiliki serta
memiliki karakter yang baik.
3. Pendidikan Karakter
Karakter merupakan sesuatu yang dapat terbentuk
oleh seseorang atau sesuatu yang dipengaruhi pada
jumlah waktu interaksi dan konten interaksinya.
Karakter bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir dan
tidak dapat diharapkan diberikan oleh orang tua sebagai
satu-satunya penyedia karakter baik dan tidak dapat
diajarkan dari buku teks. Pengembangan karakter pada
dasarnya dipengaruhi dari keluarga, komunitas, sekolah
dan lainnya [12].
Keluarga menjadi salah satu faktor utama dalam
pengembangan karakter seseorang, dalam hal ini orang
tua yang memiliki peran penting dalam pembentukan
karakter anak-anaknya sehingga menciptakan sumber
daya manusia yang berkulitas. Hal tersebut sejalan
dengan sabda Rasulullah SAW yaitu:
100