Page 109 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 109

|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi

                  Berdasarkan  tiga  aliran  filosofi  yang  melandasi
               pembelajaran  tematik  tersebut,  pembelajaran  tematik
               hendaknya  tidak  hanya  berfokus  kepada  ranah  kogntif
               berupa penguasaan konsep pada jenjang SD, namun juga
               menjadi  wadah  bagi  perkembangan  pada  ranah  afektif
               dan  pada  ranah  psikomotorik.  Pemenuhan  pencapaian
               pada  ketiga  ranah  tersebut  bertujuan  untuk  mencapai
               tujuan  pembelajaran  secara  holistik.  Pembelajaran
               holistik bertujuan untuk menciptakan peserta didik yang
               tidak  hanya  pandai  secara  intelektual,  namun  juga
               memiliki   keterampilan   yang   dapat   menunjang
               implementasi  dari  pengetahuan  yang  dimiliki  serta
               memiliki karakter yang baik.

               3.  Pendidikan Karakter
                  Karakter  merupakan  sesuatu  yang  dapat  terbentuk
               oleh  seseorang  atau  sesuatu  yang  dipengaruhi  pada
               jumlah  waktu  interaksi  dan  konten  interaksinya.
               Karakter bukanlah sesuatu yang dibawa sejak lahir dan
               tidak dapat diharapkan diberikan oleh orang tua sebagai
               satu-satunya  penyedia  karakter  baik  dan  tidak  dapat
               diajarkan dari buku teks. Pengembangan karakter pada
               dasarnya dipengaruhi dari keluarga, komunitas, sekolah
               dan lainnya [12].
                  Keluarga  menjadi  salah  satu  faktor  utama  dalam
               pengembangan karakter seseorang, dalam hal ini orang
               tua  yang  memiliki  peran  penting  dalam  pembentukan
               karakter  anak-anaknya  sehingga  menciptakan  sumber
               daya  manusia  yang  berkulitas.  Hal  tersebut  sejalan
               dengan sabda Rasulullah SAW yaitu:




                                      100
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114