Page 107 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 107
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
pemindahan kegiatan pembelajaran melalui kegiatan
tatap muka menjadi kegiatan secara online, namun juga
pelaksanaannya diharapkan dapat lebih
mengembangkan seluruh aspek baik pada ranah
kognitif, afektif dan psikomotorik yaitu pengembangan
secara holistik. Merdeka belajar pada dasarnya terdiri
dari beberapa konsep, diantaranya yaitu waktu dan
tempat yang lebih fleksibel, kegiatan pembelajaran
berbasis proyek dan kegiatan pembelajaran diarahkan
untuk dapat mengasah keterampilan sehingga dapat
diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Hal tersebut
sejalan dengan tujuan dari pendidikan yang merupakan
suatu proses untuk mendewasakan manusia [7].
Kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk
mendewasakan manusia melalui konteks merdeka
belajar berarti guru yang berperan sebagai fasilitator
dan peserta didik memiliki kebebasan untuk berinovasi
dan berkreasi dalam merancang kegiatan pembelajaran
sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri [8].
Maka akhirnya dapat tercipta kegiatan pembelajaran
dua arah antara guru dan peserta didik. Implementasi
kegiatan pembelajaran melalui konteks merdeka belajar
tentunya dapat menjadi sarana bagi pengembangan
peserta didik sebagai persiapan dalam menghadapi
tantangan pada abad ke-21.
2. Pembelajaran Tematik
Pendidikan di sekolah dasar (SD) merupakan
pendidikan awal bagi peserta didik dalam membangun
ilmunya secara luas, dengan cara melakukan berbagai
kegiatan yang telah ditentukan pada setiap jenjang.
98