Page 107 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 107

|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi

               pemindahan  kegiatan  pembelajaran  melalui  kegiatan
               tatap muka menjadi kegiatan secara online, namun juga
               pelaksanaannya      diharapkan      dapat      lebih
               mengembangkan  seluruh  aspek  baik  pada  ranah
               kognitif,  afektif  dan  psikomotorik  yaitu  pengembangan
               secara  holistik.  Merdeka  belajar  pada  dasarnya  terdiri
               dari  beberapa  konsep,  diantaranya  yaitu  waktu  dan
               tempat  yang  lebih  fleksibel,  kegiatan  pembelajaran
               berbasis  proyek  dan  kegiatan  pembelajaran  diarahkan
               untuk  dapat  mengasah  keterampilan  sehingga  dapat
               diterapkan  pada  kehidupan  sehari-hari.  Hal  tersebut
               sejalan dengan tujuan dari pendidikan yang merupakan
               suatu proses untuk mendewasakan manusia [7].

                  Kegiatan  pembelajaran  dengan  tujuan  untuk
               mendewasakan  manusia  melalui  konteks  merdeka
               belajar  berarti  guru  yang  berperan  sebagai  fasilitator
               dan peserta didik memiliki kebebasan untuk berinovasi
               dan berkreasi dalam merancang kegiatan pembelajaran
               sehingga peserta didik dapat belajar secara mandiri [8].
               Maka  akhirnya  dapat  tercipta  kegiatan  pembelajaran
               dua  arah  antara  guru  dan  peserta  didik.  Implementasi
               kegiatan pembelajaran melalui konteks merdeka belajar
               tentunya  dapat  menjadi  sarana  bagi  pengembangan
               peserta  didik  sebagai  persiapan  dalam  menghadapi
               tantangan pada abad ke-21.

               2.  Pembelajaran Tematik
                  Pendidikan  di  sekolah  dasar  (SD)  merupakan
               pendidikan awal bagi peserta  didik  dalam membangun
               ilmunya  secara  luas,  dengan  cara  melakukan  berbagai
               kegiatan  yang  telah  ditentukan  pada  setiap  jenjang.


                                      98
   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112