Page 108 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 108

Fathul Zannah |
                  Pendidikan  di  SD  juga  merupakan  jenjang  pendidikan
                  awal  bagi  anak  untuk  saling  berinteraksi  dan  untuk
                  membangun  pemahaman  mereka  [9].  Oleh  karena  itu
                  pendidikan pada jenjang SD ini merupakan tahapan yang
                  sangat penting.

                     Pelaksanaan   pendidikan   di   Indonesia   selalu
                  mengadakan pembaharuan,  salah satunya pada  jenjang
                  pendidikan di SD. Penerapan kurikulum 2013 di jenjang
                  pendidikan   SD   merubah    pelaksanaan   kegiatan
                  pembelajaran    menjadi    pembelajaran     tematik.
                  Pembelajaran     tematik     merupakan     kegiatan
                  pembelajaran    yang    memadukan      pengetahuan
                  komprehensif  dan  terpadu,  mengintegrasikan  berbagai
                  kompetensi  dari  berbagai  mata  pelajaran  ke  dalam
                  berbagai tema pada suatu pembelajaran [10].
                     Pembelajaran  tematik  dilandasi  oleh  tiga  filosofi,
                  diantaranya yaitu 1) progresivisme, 2) konstruktivisme,
                  dan  3)  humanisme.  Aliran progresivisme menunjukkan
                  proses   pembelajaran    perlu   ditekankan    pada
                  pembentukan  kreativitas,  pemberian  angka  kegiatan,
                  suasana  alam  (alami),  dan  perhatian  pada  pengalaman
                  peserta  didik.  Aliran  konstruktivisme  menunjukkan
                  pengalaman langsung peserta didik sebagai kunci dalam
                  belajar.  Sedangkan  aliran  humanisme  merupakan
                  sebuah pemikiran yang mengemukakan bahwa kegiatan
                  pembelajaran  hendaknya  dapat  membantu  masing-
                  masing  indvidu  untuk  mengenal  diri  mereka  sendiri,
                  sebagai individu yang unik dan untuk membantu dalam
                  mewujudkan potensi yang dimiliki [11].





                                         99
   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113