Page 108 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 108
Fathul Zannah |
Pendidikan di SD juga merupakan jenjang pendidikan
awal bagi anak untuk saling berinteraksi dan untuk
membangun pemahaman mereka [9]. Oleh karena itu
pendidikan pada jenjang SD ini merupakan tahapan yang
sangat penting.
Pelaksanaan pendidikan di Indonesia selalu
mengadakan pembaharuan, salah satunya pada jenjang
pendidikan di SD. Penerapan kurikulum 2013 di jenjang
pendidikan SD merubah pelaksanaan kegiatan
pembelajaran menjadi pembelajaran tematik.
Pembelajaran tematik merupakan kegiatan
pembelajaran yang memadukan pengetahuan
komprehensif dan terpadu, mengintegrasikan berbagai
kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam
berbagai tema pada suatu pembelajaran [10].
Pembelajaran tematik dilandasi oleh tiga filosofi,
diantaranya yaitu 1) progresivisme, 2) konstruktivisme,
dan 3) humanisme. Aliran progresivisme menunjukkan
proses pembelajaran perlu ditekankan pada
pembentukan kreativitas, pemberian angka kegiatan,
suasana alam (alami), dan perhatian pada pengalaman
peserta didik. Aliran konstruktivisme menunjukkan
pengalaman langsung peserta didik sebagai kunci dalam
belajar. Sedangkan aliran humanisme merupakan
sebuah pemikiran yang mengemukakan bahwa kegiatan
pembelajaran hendaknya dapat membantu masing-
masing indvidu untuk mengenal diri mereka sendiri,
sebagai individu yang unik dan untuk membantu dalam
mewujudkan potensi yang dimiliki [11].
99