Page 106 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 106
Fathul Zannah |
pembelajaran tematik. Perubahan yang dilakukan oleh
pemerintah yaitu dengan menerapkan kebijakan merdeka
belajar yang dilandasi oleh teori humanistik dan
konstruktivistik. Konsep merdeka belajar mengarahkan
supaya peserta didik memiliki kepekaan, kemandirian,
tanggung jawab terhadap resiko dalam mengambil
keputusan, dan mengembangkan segenap aspek potensi
melalui proses belajar untuk menemukan diri sendiri dan
menjadi diri sendiri [6]. Berdasarkan uraian tersebut
menunjukkan bahwa konsep merdeka belajar dapat
menjadi wadah untuk pembentukan karakter peserta didik
melalui pendidikan karakter, khususnya pada kegiatan
pembelajaran tematik bagi peserta didik SD.
B. Pembahasan
1. Merdeka Belajar
Merebaknya pandemi Covid-19 merubah tatanan
pada beberapa sektor, salah satunya pada sektor
pendidikan. Seiring dengan meluasnya penyebaran virus
corona (Covid-19), terjadi perubahan terhadap
pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang awalnya
dilaksanakan secara tatap muka menjadi kegiatan
pembelajaran secara daring. Pelaksanaan kegiatan
pembelajaran secara daring memiliki tantangan
tersendiri, dimulai dari ketersediaan sarana dan
prasarana serta kecakapan teknologi informasi bagi para
sumber daya manusia yang berperan. Semua aspek
saling berkaitan, memiliki perannya masing-masing bagi
terlaksananya kegiatan pembelajaran secara daring.
Pelaksanaan pembelajaran secara daring melalui
konsep merdeka belajar tidak hanya berupa
97