Page 105 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 105
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
melibatkan berbagai potensi peserta didik pada proses
pembelajaran sehingga menciptakan kegiatan pembelajaran
yang lebih bermakna bagi peserta didik [1]. Pembelajaran
tematik dapat menjadi lebih bermakna jika diterapkan
menggunakan pendekatan kontekstual [2].
Kegiatan pembelajaran yang bermakna pada
pembelajaran tematik diharapkan dapat membantu
penguasaan konsep peserta didik serta sebagai sarana
pendidikan karakter yang akan bermanfaat bagi kehidupan
peserta didik [3]. Pendidikan karakter diharapkan dapat
menjadi wadah bagi pembentukan karakter seseorang
menjadi lebih baik lagi sehingga menghindari berbagai
permasalahan yang diakibatkan oleh minimnya nilai-nilai
moral [4]. Termasuk salah satunya pendidikan karakter
melalui pembelajaran tematik bagi peserta didik di jenjang
pendidikan SD.
Pendidikan karakter bagi peserta didik SD merupakan
tahapan yang sangat penting. Nilai-nilai pendidikan yang
diberikan tidak hanya pada ranah kognitif namun juga pada
ranah afektif serta psikomotorik. Pendidikan pada jenjang
SD seyogianya lebih menitik beratkan kepada pembentukan
karakter melalui pendidikan karakter. Sebagai tahapan
awal pembentukan karakter peserta didik karena
pendidikan karakter dapat mendukung perkembangan
sosial, emosional dan etis jiwa [5]. Pendidikan karakter
pada jenjang SD salah satunya dapat diterapkan pada
pembelajaran tematik.
Seiring dengan meluasnya virus corona (Covid-19)
terjadi perubahan pada sistem pendidikan salah satunya
pendidikan pada jenjang SD, yang menerapkan
96