Page 81 - Cyberbullying & Body Shaming
P. 81

Karyanti, M.Pd.  &  Aminudin, S.Pd.


                             8.  Menyarankan  interaksi  positif  dapat  membantu  mengurangi
                                sikap  negatif  terhadap  kelompok  orang  yang  terstigma,
                                mungkin  interaksi  positif  dapat  menghentikan  atau  bahkan
                                mencegah penindasan maya.

                                Willard  (2007)  menyatakan  bahwa  perlu  dukungan  dari
                           berbagai  pihak  di  lingkungan  sekolah  agar  cyberbullying  dapat
                           dicegah atau ditangani. Kepala sekolah sebagai pemangku kebijakan
                           tertinggi di sekolah dapat melakukan tindakan, seperti:
                             1.  Pemimpin sekolah sangat sadar akan tanggung jawab mereka
                                untuk menciptakan yang aman dan tertib lingkungan di mana
                                siswa dapat belajar dan tumbuh.
                             2.  Kepala  sekolah  untuk  mempertahankan  sekolah  yang  aman
                                dan  sekolah  yang  iklim  positif  dan  menetapkan  kualitas  ini
                                sebagai  prioritas  tinggi.  Ini  merupakan  kewajiban  bagi  para
                                guru  untuk  diatasi  ketakutan  siswa  tentang  pelecehan  dan
                                kekhawatiran  tentang  penindasan  dan  cyberbullying  untuk
                                memiliki  lingkungan  sekolah  yang  aman  dan  untuk
                                memastikan  kesempatan  yang  sama  bagi  semua  siswa  untuk
                                belajar.
                             3.  Kegagalan  melakukan  itu  bisa  dianggap  kelalaian;  Namun,
                                pemimpin  sekolah  harus  berhati-hati  tidak  melanggar  hak
                                kebebasan  berbicara  siswa  mereka,  bahkan  mereka  yang
                                mungkin terlibat cyberbullying.
                             4.  Pendidik  sering  merasa  bahwa  mereka  bersarang  di  antara
                                pepatah  batu  karang  dan  tempat  yang  sulit  ketika  berurusan
                                dengan cyberbullying
                             5.  Sekolah  harus  memiliki  kebijakan  dan  prosedur  di  tempat
                                untuk  meninjau  situasi  cyberbullying  dan  untuk  memproses
                                keluhan korban victim dan bystander.




                           74
   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86