Page 44 - Teknik Creative Problem Solving
P. 44

Teknik Creative Problem Solving


                  definisi  dalam  "mengapa"  dan  "bagaimana  lagi"  atau
                  "bagaimana".
                        Tabel 4.1 Kegiatan Mendefinisikan Masalah
                              CPS dalam grup Osborn-Parnes

                  Individual          Definisi Masalah        Teman Bicara
            Untuk memiliki         Bagaimana saya bisa    ―Aha‖ Kehidupan
            kehidupan yang         memiliki kehidupan     bahagia yang
            bahagia                yang bahagia?          bagaimana yang ingin
                                                          kamu miliki?
            Untuk mendapatkan      Bagaimana cara saya    Mengapa kamu mau
            sekolah/pekerjaan      mendapatkan            mendapatkan
            yang bagus diluar sana.  sekolah/pekerjaan    sekolah/pekerjaan
                                   yang bagus di luar     yang bagus di luar sana
                                   sana?
            Karena saya ingin      Bagaimana cara saya    Mengapa kamu ingin
            mendapatkan nilai      untuk mendapatkan      mendapatkan nilai
            rata-rata yang baik    nilai rata-rata yang   rata-rata yang baik
            ketika lulus.          baik ketika lulus?     ketika lulus?
            Karena saya ingin      Bagaimana cara saya    Mengapa kamu ingin
            mendapatkan nilai      mendapatkan nilai      mendapatkan nilai
            Ilmu Sosial yang       Ilmu Sosial yang       Ilmu Sosial yang
            bagus.                 bagus?                 bagus?
            Karena saya perlu      Bagaimana cara saya    Mengapa kamu
            mengambil tugas        mengambil tugas        mengambil tugas saya
            sekolah saya dari rak.   sekolah saya dari rak?   dari rak?
            Karena saya ingin      Bagaimana cara saya    Mengapa kamu ingin
            mendapatkan tangga.    mendapatkan tangga?    mendapatkan tangga?
                                                         (Machado, et al, 2012)







                                                                            37
   39   40   41   42   43   44   45   46   47   48   49