Page 40 - Teknik Creative Problem Solving
P. 40

Teknik Creative Problem Solving


            atas.   Matriks  menawarkan  ruang  untuk  menilai  setiap  ide
            berdasarkan  setiap  kriteria. Peringkat  sesederhana  sistem  skor  plus
            versus  minus  atau  skala  yang  menimbang  kriteria  berbeda. Ingat,
            skor mana saja metode yang digunakan tidak dimaksudkan sebagai
            formula      yang     menghilangkan      kekuatan     pengambilan
            keputusan. Sebaliknya,  kriteria  dan  metode  penilaian  adalah
            dimaksudkan untuk memberikan kerangka kerja yang rasional untuk
            mempertimbangkan  manfaat  dari  setiap  ide. Pada  dasarnya,
            pencarian solusi adalah tahap konvergen dari proses CPS di mana
            penilaian  dilibatkan  untuk  memilih  atau  menggabungkan  ide-ide
            untuk    itu   rencana    tindakan    kemudian    dirancang    dan
            diimplementasikan.

            Tahap 6: Temuan-Penerimaan
                  Temuan-penerimaan,  tugas  pemecahan  masalah  adalah
            pertama-tama  berpikir  secara  berbeda  dengan  bertanya  dan
            menjawab  pertanyaan  siapa,  apa,  di  mana,  kapan,  mengapa  dan
            bagaimana  mengeksplorasi  berbagai  cara  untuk  membuat  solusi
            yang  dipilih  lebih  berfungsi  mampu  dan  efektif. Tim  kemudian
            bertindak secara konvergen, mengembangkan langkah rencana demi
            langkah  aksi. Seluruh  proses  berakhir  dengan  pemecah  masalah
            mengambil  tindakan  dan  secara  teratur  mengevaluasi  efektivitas
            solusi  yang  dipilih). Mungkin  ada  tantangan  baru  yang  muncul
            selama  implementasi  dipandang  sebagai peluang  —  peluang untuk
            berputar melalui proses CPS lagi, untuk menciptakan lebih banyak
            solusi  baru,  untuk  terus  mengembangkan  etika  dan  disposisi,  dan
            untuk mengasah keterampilan kreativitas.
                  Proses  Creative  Problem  Solving  dalam  grup  Osborn-Parnes
            (Machado, et al, 2012), sebagai berikut: Proses berlangsung dalam 6
            tahap  utama,  atau  langkah-langkah,  di  mana  kelompok  mengikuti




                                                                            33
   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45