Page 41 - Teknik Creative Problem Solving
P. 41
Dina Fariza Tryani Syarif, M. Fatchurahman, Karyanti
prosedur menghasilkan banyak alternatif di fase menyenangkan, dan
kemudian hanya menyisakan beberapa di fase kelompok. Berikup
tahap utama CPS grup Osborn-Parnes:
1. Tetapkan tujuan keseluruhan
Upaya mengidentifikasi elemen-elemen penting atau
komponen dari tantangan, kekhawatiran, atau peluang itu akan
menghadapi dengan mengklarifikasi situasi dan fakta yang
kompleks dalam bentuk pernyataan masalah. Menghapus
semua upaya pengaturan masalah atau solusi yang
tepat. Upaya menemukan masalah. Biarkan imajinasi Anda
mengalir dengan bebas, cobalah. jawab pertanyaan seperti ini:
a. Apa yang ingin Anda lakukan, miliki, dapatkan - di
sekolah, di rumah, keluarga, organisasi, atau kehidupan?
b. Apa yang ingin Anda lakukan lebih baik dalam hal apa
pun? disarankan sebelumnya?
c. Mengapa Anda benar-benar ingin memiliki lebih banyak
waktu, energi, sumber daya - di sekolah, di rumah, dalam
kehidupan secara umum?
d. Apa yang kamu inginkan terjadi?
Menanyakan (Hambatan dan Kemungkinan)
Tanyakan, Kenapa ? Siapa Dimana ? Bagaimana? Apa?
Kapan ? Ringkaslah dalam sebuah kalimat atau judul
Contoh Pertimbangan
a. Jika saya bisa ....
b. Saya akan melakukan ...
c. Saya menyukainya ...
d. Kenapa kita tidak ...
e. Mari kita pertimbangkan ...
34