Page 37 - Teknik Creative Problem Solving
P. 37
Dina Fariza Tryani Syarif, M. Fatchurahman, Karyanti
mana yang bisa diselesaikan atau dipecahkan? ‖Menemukan
masalah adalah tahap penting CPS.
Tahap 4: Ide-Ide
Ide adalah solusi potensial untuk pernyataan tantangan dipilih
pada Tahap 3. Osborn (Giangreco, et al, 1994) dari mana ide-ide ini
datang dari? Inti dari pencarian ide adalah brainstorming .
Brainstorming adalah proses menghasilkan ide yang berbeda di
mana atau bahkan pujian ditunda untuk membantu pemecah
masalah. Kuantitas adalah kuncinya, karena kemungkinan bahwa ide
pertama yang dihasilkan akan menjadi ide lama yang sama. Penting
untuk dijaga ide-ide mengalir secepat mungkin dan membatasi sesi
menjadi 5-10 menit. Parnes (Giangreco et al, 1994) Sesi curah
pendapat yang baik tidak terlihat seperti tipuan pertemuan
kelompok; dalam sesi curah pendapat, ada sedikit waktu sunyi dan
orang berbicara dalam satu kata atau frasa pendek daripada dalam
bahasa harga sewa. Teknik-teknik penting lainnya untuk membuang
ide-ide longgar adalah hubungan yang dipaksakan,
sinektika, dan inkubasi. Teknik-teknik ini dijelaskan secara singkat
dalam paragraf berikut.
1. Hubungan paksa dicapai ketika dua objek, ide, atau konsep
yang tampaknya memiliki sedikit atau tidak ada hubungan satu
sama lain saling diikat atau ditata ulang dalam beberapa cara
untuk menghasilkan ide baru untuk menyelesaikan
masalah. Koneksi baru ini antara intensitas yang tampaknya
tidak seperti dibuat dengan mencari kesamaan, analogi,
metafora, atau lainnyaperbandingan antara karakteristik dari
dua objek atau ide.
30