Page 37 - Teknik Creative Problem Solving
P. 37

Dina Fariza Tryani Syarif,  M. Fatchurahman, Karyanti


                           mana  yang  bisa  diselesaikan  atau  dipecahkan?  ‖Menemukan
                           masalah adalah tahap penting CPS.

                           Tahap 4: Ide-Ide
                                Ide adalah solusi potensial untuk pernyataan tantangan dipilih
                           pada Tahap 3. Osborn (Giangreco, et al, 1994) dari mana ide-ide ini
                           datang    dari? Inti   dari    pencarian ide adalah brainstorming .
                           Brainstorming  adalah  proses  menghasilkan  ide  yang  berbeda  di
                           mana  atau  bahkan  pujian  ditunda  untuk  membantu  pemecah
                           masalah. Kuantitas adalah kuncinya, karena kemungkinan bahwa ide
                           pertama yang dihasilkan akan menjadi ide lama yang sama. Penting
                           untuk dijaga ide-ide mengalir secepat mungkin dan membatasi sesi
                           menjadi  5-10  menit. Parnes  (Giangreco  et  al,  1994)  Sesi  curah
                           pendapat  yang  baik  tidak  terlihat  seperti  tipuan  pertemuan
                           kelompok; dalam sesi curah pendapat, ada sedikit waktu sunyi dan
                           orang berbicara dalam satu kata atau frasa pendek daripada dalam
                           bahasa harga sewa. Teknik-teknik penting lainnya untuk membuang
                           ide-ide    longgar     adalah hubungan       yang     dipaksakan,
                           sinektika, dan inkubasi. Teknik-teknik  ini  dijelaskan  secara  singkat
                           dalam paragraf berikut.
                             1.  Hubungan  paksa dicapai  ketika  dua  objek,  ide,  atau  konsep
                                yang tampaknya memiliki sedikit atau tidak ada hubungan satu
                                sama lain saling diikat atau ditata ulang dalam beberapa cara
                                untuk  menghasilkan  ide  baru  untuk  menyelesaikan
                                masalah. Koneksi  baru  ini  antara  intensitas  yang  tampaknya
                                tidak  seperti  dibuat  dengan  mencari  kesamaan,  analogi,
                                metafora,  atau  lainnyaperbandingan  antara  karakteristik  dari
                                dua objek atau ide.







                           30
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42