Page 66 - Teknik Creative Problem Solving
P. 66

Teknik Creative Problem Solving


            bahwa  kreativitas  adalah  wilayah  khusus  kepribadian  unik  atau
            orang-orang itu dianggap berbakat secara intelektual. Torrance dan
            Goff (Chant et al, 2009) dan Guilford (1981) ditantang ide tetap ini,
            menyatakan bahwa setiap orang memiliki potensi kreatif. Demikian
            pula, Kim (2005) mencatat hubungan  yang dapat diabaikan antara
            kreativitas  dan  IQ.  Jika  semua  orang  memiliki  IQ  berpotensi
            menjadi kreatif, seperti argumen ini disarankan, lalu sekolah  yang
            mengolah atau memadamkan kreativitas konseli?
                  Kreativitas yang dimiliki konseli dapat diolah dan  digunakan
            untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-
            hari. Sehingga, konseli dapat menemukan solusi untuk permasalahan
            yang  dihadapi.  Melalui  teknik  Creative  Problem  Solving  (CPS),
            dimungkinkan konseli dapat mengatasi maslah dengan cara  kreatif
            dan efisien. Berikut langkah pelaksanaan CPS yang dapat diterapkan
            di lingkungan seolah oleh konselor sekolah.
                  Pelaksanaan praktikum untuk teknik Creative Problem Silving
            dalam  buku  ini  dikembangkan  berdasarkan  teori  dari  Model  CPS
            Osborn- Parnes, sebagai berikut:
              1.  Mess Finding (Menemukan situasi bermasalah)
                      Konseli difasilitasi oleh konselor untuk menganalisis dan
                  mengidentifikasi  situasi  dan  kondisi  dimana  saja  yang
                  mengakibatkan munculnya masalah pada konseli. Pada tahap
                  ini  untuk  mengidentifikasi  masalah  yang  dihadapi  oleh
                  konseli,  konselor  membuat  pertanyaan  yang  harus  dijawab
                  oleh  konseli.  Berikut  contoh  pertanyaan  yang  dapat  dibuat
                  oleh konselor.
                   a.  Jika Anda bisa
                   b.  Apa yang ingin Anda lakukan?
                   c.  Mengapa Anda?
                   d.  Kenapa Anda tidak?




                                                                            59
   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71