Page 9 - Teknik Creative Problem Solving
P. 9

Dina Fariza Tryani Syarif,  M. Fatchurahman, Karyanti


                                Creative  Problem  Solving  adalah  cara  berpikir  dan
                           berperilaku. Definisi  untuk  meningkatkan  pemahaman  umum
                           tentang beberapa istilah yang digunakan sebagai dasar untuk buku
                           kerja ini.
                             1.  Creative merupakan sebuah ide yang memiliki unsur kebaruan
                                atau  keunikan,  paling  tidak  untuk  orang  yang  menciptakan
                                solusi, dan juga memiliki nilai dan relevansi.
                             2.  Problem  merupakan  situasi  apa  pun  yang  menghadirkan
                                tantangan, peluang, atau masalah.
                             3.  Solving  adalah  menemukan  cara  untuk  menjawab,  bertemu,
                                atau menyelesaikan masalah.

                                Oleh  karena  itu,  Creative  Problem  Solving  atau  CPS  adalah
                           proses, metode, atau sistem untuk mendekati masalah dengan cara
                           yang imajinatif dan menghasilkan tindakan yang efektif.
                                CPS  adalah  metode  yang  terbukti  untuk  mendekati  masalah
                           atau  tantangan  dengan  cara  imajinatif  dan  inovatif.  Teknik  CPS
                           membantu  konseli  mendefinisikan  kembali  masalah  dan  peluang
                           yang  dihadapi,  membuat  sesuatu  yang  baru,  respons  dan  solusi
                           inovatif, dan kemudian mengambil tindakan. Alat dan teknik yang
                           digunakan  membuat  proses  yang  menyenangkan,  menarik,  dan
                           kolaboratif.  CPS  tidak  hanya  membantu  menciptakan  solusi  yang
                           lebih  baik,  tetapi  juga  menciptakan  pengalaman  positif  yang
                           membantu mempercepat adopsi ide-ide baru.
                                Pendidik  dan  praktisi  CPS  yang  terkenal,  Ruth  Noller
                           (Creative Education Fondation, 2015) menggambarkan CPS:
                             1.  Creative  menentukan  unsur-unsur  kebaruan,  inovasi,  dan
                                kebaruan.








                           2
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14