Page 14 - Teknik Creative Problem Solving
P. 14

Teknik Creative Problem Solving


            jawaban atas masalah yang ada dalam kehidupan nyata. Treffinger,
            et al (Samson, 2015) mendefinisikan CPS sebagai cara membangun
            kerangka kerja melingkar yang melibatkan empat komponen pusat
            yang    meliputi:   memahami      tantangan,   menghasilkan    ide,
            mempersiapkan  aksi  dan  merencanakan  pendekatan.  CPS  sebagai
            proses  sistematis  yang  melibatkan  hubungan  antara  karakteristik
            kedua individu yang terlibat dalam pemecahan masalah yang kreatif
            proses  serta  lingkungan  di  mana  masalah  terjadi.  Pengaruh  kunci
            pada  proses  ini  termasuk  cara  seseorang  memproses  informasi,
            bagaimana  keputusan  dibuat  dan  perspektif  orang  tersebut  terhadap
            perubahan.
                  Puccio et al. (2009) baru-baru ini mendefinisikan CPS sebagai
            kognitif  komprehensif  dan  sistem  afektif  dibangun  di  atas  proses
            kreatif  alami  kita  yang  dengan  sengaja  memicu  pemikiran  kreatif
            dan, sebagai hasilnya, menghasilkan solusi kreatif dan berubah. CPS
            adalah    proses; karena   itu   menggambarkan      operasi   yang
            memfasilitasi    jenis   pemikiran   yang    diperlukan    berhasil
            menyelesaikan masalah yang kompleks. CPS adalah sebuah proses
            kreatif. CPS  dirancang  untuk  menghadirkan  kreativitas  yang
            disengaja,  produksi  gagasan  yang  baru  dan  bermanfaat. Sebagai
            proses  kreatif,  CPS  dirancang  khusus  untuk  situasi  di  mana  ada
            kebutuhan untuk perubahan, pemikiran baru atau pendekatan yang
            berbeda. Di CPS, pemikiran kreatif diperlukan untuk menyelesaikan
            masalah  yang  kompleks; situasi  yang  tidak  jelas  (yaitu  tidak  ada
            jalur solusi tunggal), novel (yaitu situasinya berubah atau baru) dan
            ambigu  (yaitu  informasi  hilang  atau  sulit  untuk  menentukan  apa
            yang relevan). Istilah terakhir dalam CPS mengacu pada mengambil
            tindakan, mengejar pelatihan yang secara efektif menangani masalah








                                                                             7
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19