Page 17 - Teknik Creative Problem Solving
P. 17
Dina Fariza Tryani Syarif, M. Fatchurahman, Karyanti
Caswell (Samson, 2015) mengidentifikasi tiga triad terkait
dengan Creative Problem Solving yang dianggap berputar di sekitar
konsep masalah jahat.
1. Triad Fundamental. Adalah triad yang meliputi sosialisasi,
dimana konseli mulai mengembangkan kesadaran akan
masalah yang coba diselesaikan; fungsionalitas , yang
melibatkan klarifikasi masalah nyata yang harus ditangani dan
bagaimana melanjutkan dengan resolusinya; dan pengujian , di
mana efektivitas solusi yang diusulkan diperiksa
2. Struktur Harmonisasi. Diidentifikasi sebagai alat
komunikasi, visualisasi, dan kolaborasi dalam memahami
masalah dan menghasilkan solusi yang mungkin untuk diatasi.
3. Teoritis Lingkungan. Menggabungkan konsep naratif.
Partisipasi, dan pertanyaan dalam menceritakan kisah dan
melibatkan konseli dalam menciptakan pengetahuan baru dan
mengembangkan solusi unik untuk masalah yang diajukan.
Peran konseli dalam proses ini adalah salah satu dari
partisipasi aktif di mana asumsi pribadi dan bias dapat
ditentang dan pandangan orang lain dapat diakui dan
dipertimbangkan dalam proses pemecahan masalah, konseli
datang bersama-sama dan bekerja secara kolaboratif menuju
resolusi masalah atau masalah.
Creative Education Fondation (2015) Prinsip Inti dari Creative
Problem Solving (CPS) dimulai dengan dua asumsi:
1. Setiap orang kreatif.
2. Keterampilan kreatif dapat dipelajari dan ditingkatkan.
10