Page 19 - Teknik Creative Problem Solving
P. 19

Dina Fariza Tryani Syarif,  M. Fatchurahman, Karyanti



                           Pemikiran Divergen dan Konvergen
                                Keseimbangan      Dinamis     Kreativitas   dalam    Applied
                           Imagination,  Alex  Osborn  (Creative  Education  Fondation,  2015)
                           mencatat dua jenis pemikiran berbeda penting untuk menjadi kreatif:
                             1.  Berpikir Divergen: Menghasilkan banyak ide dan opsi
                             2.  Pemikiran  Konvergen:  Mengevaluasi  ide  dan  pilihan,  dan
                                membuat keputusan

                                Orang-orang  terlibat  dalam  kedua  jenis  pemikiran  ini  setiap
                           hari. Rahasia menciptakan ide-ide baru, Namun, untuk memisahkan
                           pemikiran yang berbeda dari pemikiran yang konvergen. Ini berarti
                           menghasilkan banyak opsi sebelum mengevaluasinya.

                             1.  Pedoman Berpikir Divergen
                                    Osborn dan Parnes (Creative Education Fondation, 2015)
                                mencatat  pentingnya  menghilangkan  penghalang  untuk
                                divergen  berpikir  dalam  buku  mereka  Visionizing.  Mereka
                                menyarankan  bahwa  kritik  itu  tabu,  roda  bebas  diinginkan,
                                perkembangan  kualitas,  kuantitas,  dan  kombinasi  menjadi
                                sebuah  perbaikan.  Saran-saran  ini  telah  diringkas  menjadi
                                pedoman untuk pemikiran yang berbeda:
                                 a.  Tunda Penghakiman. Menunda penghakiman tidak sama
                                    dengan  tidak  memiliki  penghakiman.  Itu  hanya
                                    mengatakan, "tunggu sebentar." Hindari menilai ide baik
                                    atau  buruk  dalam  pemikiran  yang  berbeda  tahap.
                                    Menunda penilaian adalah komponen kunci untuk setiap
                                    sesi  pemecahan  masalah  yang  berhasil.  Tanpa  itu,
                                    menghasilkan solusi baru menjadi hampir mustahil.








                           12
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24