Page 23 - Teknik Creative Problem Solving
P. 23

Dina Fariza Tryani Syarif,  M. Fatchurahman, Karyanti


                                  Prinsip umum Creative Probelem Solving menurut Isaksen &
                           Treffinger (Machado, et al, 2012)
                             1.  Tunda penilaian ide
                                Kuantitas menghadirkan kualitas. Terima semua ide.
                             2.  Membuat asosiasi
                                a.  Ganti (bahan,tempat ...)
                                b.  Gabungkan (campur, gabungkan, gabungkan tujuan ...)
                                c.  Adaptasi (persamaan, saran)
                                d.  Memodifikasi (menambah, mengurangi)
                                e.  Berikan kegunaan lain
                                f.  Hapus
                                g.  Balikkan (berlawanan, mundur atau mundur)

                             3.  Berjuang untuk ide. Berikan waktu bagi gagasan untuk matang
                                (inkubasi)
                             4.  Freewheel (aliran ide konstan)
                             5.  Menghasilkan  lingkungan  yang  kondusif  bagi  kreativitas
                                (misalnya       menghargai       individualitas,     toleransi
                                perbedaan; mengakui       kesalahan,      ambiguitas     dan
                                risikonya; mentolerir    gangguan       dan     kompleksitas
                                sementara; menghormati  kepentingan  individu; mendorong
                                kegiatan  yang  berbeda; gunakan  humor  -  bersenang-senang
                                dan  bersenang-senang; melibatkan  semua  orang  dalam
                                proses; abstain  untuk  mengkritik; biarkan  emosi  mengalir
                                dengan bebas)
                             6.  Jaga agar tujuan selalu ada
                             7.  Mengklarifikasi, meringkas, menyederhanakan
                             8.  Ubah ide aneh menjadi ide yang berguna
                             9.  Berpikir menyenangkan / berkumpul






                           16
   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28