Page 27 - Teknik Creative Problem Solving
P. 27
Dina Fariza Tryani Syarif, M. Fatchurahman, Karyanti
Proses CPS agar berhasil secara optimal, peserta harus
menunjukkan perilaku dan disposisi tertentu yang diidentifikasi
sebagai karakteristik pemecah masalah yang efektif. Menurut
Giangreco (1994) enam karakteristik ini dijelaskan dalam proses
CPS, sebagai berikut:
1. Pemecah masalah percaya setiap individu kreatif dan
memiliki kapasitas untuk memecahkan masalah.
Pernah didengar semua orang pernyataan seperti "Saya
tidak kreatif" atau "Saya tidak pernah bisa memunculkan ide-
ide semacam itu. ‖Banyak orang membatasi banyak ide
berguna agar mampu menghasilkan dengan meminimalkan
potensi kreatif pribadi mereka. Faktanya adalah bahwa
individu menggunakan kemampuan pemecahan masalah
kreatif mereka terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari
tanpa menyadarinya. Dalam pendidikan, seperti di banyak
bidang lain, individu telah didorong untuk percaya bahwa para
ahli tertentu memegang kunci untuk pengetahuan khusus atau
solusi kreatif. Akibatnya, ada kecenderungan untuk menjadi
tidak aman. pada dasarnya tergantung pada konselor untuk
menyelesaikan masalah sementara menjadi semakin kurang
percaya diri dalam kemampuan sendiri dalam rasa hormat
untuk yang lainnya'. Sebaliknya setiap individu memiliki
kemampuan untuk menyelesaikan banyak tantangan melalui
penggunaan CPS. Dengan bekerja bersama, secara kelompok
dapat mengidentifikasi solusi dan mengambil tindakan yang
tidak dapat dilakukan oleh individu sendiri. Praktek
menggunakan strategi CPS dalam kelompok dapat
meningkatkan pertumbuhan pribadi dan kreatif kapasitas
setiap anggota kelompok dalam berbagai situasi
20