Page 27 - Teknik Creative Problem Solving
P. 27

Dina Fariza Tryani Syarif,  M. Fatchurahman, Karyanti


                                Proses  CPS  agar  berhasil  secara  optimal,  peserta  harus
                           menunjukkan  perilaku  dan  disposisi  tertentu  yang  diidentifikasi
                           sebagai  karakteristik  pemecah  masalah  yang  efektif.   Menurut
                           Giangreco  (1994)  enam  karakteristik  ini  dijelaskan  dalam  proses
                           CPS, sebagai berikut:
                             1.  Pemecah  masalah  percaya  setiap  individu  kreatif  dan
                                memiliki kapasitas untuk memecahkan masalah.
                                    Pernah  didengar  semua  orang  pernyataan  seperti  "Saya
                                tidak kreatif" atau "Saya tidak pernah bisa memunculkan ide-
                                ide  semacam  itu.  ‖Banyak  orang  membatasi  banyak  ide
                                berguna  agar  mampu  menghasilkan  dengan  meminimalkan
                                potensi  kreatif  pribadi  mereka. Faktanya  adalah  bahwa
                                individu  menggunakan  kemampuan  pemecahan  masalah
                                kreatif  mereka  terus-menerus  dalam  kehidupan  sehari-hari
                                tanpa  menyadarinya.   Dalam  pendidikan,  seperti  di  banyak
                                bidang lain, individu telah didorong untuk percaya bahwa para
                                ahli tertentu memegang kunci untuk pengetahuan khusus atau
                                solusi  kreatif. Akibatnya,  ada  kecenderungan  untuk  menjadi
                                tidak  aman.  pada  dasarnya  tergantung  pada  konselor  untuk
                                menyelesaikan  masalah  sementara  menjadi  semakin  kurang
                                percaya  diri  dalam  kemampuan  sendiri  dalam  rasa  hormat
                                untuk  yang  lainnya'. Sebaliknya  setiap  individu  memiliki
                                kemampuan  untuk  menyelesaikan  banyak  tantangan  melalui
                                penggunaan CPS. Dengan bekerja bersama, secara kelompok
                                dapat  mengidentifikasi  solusi  dan  mengambil  tindakan  yang
                                tidak  dapat  dilakukan  oleh  individu  sendiri. Praktek
                                menggunakan      strategi   CPS   dalam    kelompok     dapat
                                meningkatkan  pertumbuhan  pribadi  dan  kreatif  kapasitas
                                setiap anggota kelompok dalam berbagai situasi





                           20
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32