Page 28 - Teknik Creative Problem Solving
P. 28
Teknik Creative Problem Solving
2. Optimis terhadap pemecahan masalah.
Metode CPS didasarkan pada optimisme. Pemecah
masalah masuk ke proses dengan pengetahuan bahwa setiap
tantangan yang dihadapi individu bisa diselesaikan, dengan
beberapa cara.
3. Alternatif pemecahan masalah dengan berpikir divergen
dan konvergen.
Sebuah konsep sentral yang tertanam di dalamnya proses
CPS Osborn-Parnes adalah proses bergantian secara aktif
pemikiran divergen dan konvergen. Ini berarti bahwa pada
setiap tahap proses CPS, ada waktu untuk mempertimbangkan
tantangan secara luas dan terbuka untuk banyak
kemungkinan. Kemudian, di dalam yang tahap sama, pemecah
masalah didorong untuk berpikir secara konvergen untuk
fokus mengarah dan membuat pilihan dari banyak
kemungkinan.
4. Pemecah masalah secara aktif menunda dan
menggunakan penilaian.
Individu sering menghambat kemampuan kreatif mereka
dengan matang melakukan penilaian mereka; pada dasarnya,
mereka menghasilkan ide dan mencoba untuk
mengevaluasinya pada saat yang sama. Firestien (Giangreco,
1994) menyamakan ini dengan mengendarai mobil dengan
kaki Anda di rem dan pedal gas pada saat yang sama. Analogi
Firestien menunjukkan bahwa pendekatan tidak mungkin
membuat individu jauh. Pemecah masalah yang efektif
menahan diri dari praktik ini dan mengidentifikasi waktu
untuk secara aktif menunda penilaian dan untuk melakukan
21