Page 142 - Evaluasi Pembelajaran
P. 142
2 r12
r = ----------
1 + r 12
2 (0,93)
r = -------------
1 + (0,93)
1,86
r = -------------
1,93
r = 0,96
Dengan demikian, diperoleh koefisien reliabilitas
angket yang diujicobakan tersebut adalah 0,96. Koefisien
reliabilitas ini cenderung lebih tinggi dari koefisien
korelasi antar bagian genap dan ganjil sebagaimana telah
dihitung.
3. Memberikan seperangkat tes yang didalamnya
mengandung butir-butir instrumen unidimensi, sehingga
instrumen tersebut tidak lagi dibelah menjadi dua bagian,
tetapi dibelah menjadi n bagian yang mana n adalah
jumlah butir tes. Dalam pendekatan ini, setiap butir
instrumen dianggap merupakan bagian dari keseluruhan
perangkat instrumen. Dengan demikian, diasumsikan
bahwa setiap peserta tes atau responden mendapatkan
pengukuran sebanyak n kali menggunakan instrumen
yang sama atau relevan. Pendekatan ini digunakan dalam
rumus Alpha-Cronbach dan rumus Kuder Richardson
(KR).
Rumus Alpha-Cronbach, digunakan jika skor hasil
pengukuran tidak dapat dibelah menjadi 2 bagian, karena
tidak memiliki variansi yang sama, atau tidak cukup bukti
bahwa belahan skor hasil pengukuran adalah paralel dan
homogen (Mardapi, 2012, Cronbach, 1985).
131