Page 142 - Evaluasi Pembelajaran
P. 142

2 r12
                 r  =  ----------
                         1 + r 12

                          2 (0,93)
                 r  =  -------------
                         1 + (0,93)

                            1,86
                 r  =  -------------
                            1,93

                 r  =  0,96

                   Dengan  demikian,  diperoleh  koefisien  reliabilitas
                 angket yang diujicobakan tersebut adalah 0,96. Koefisien
                 reliabilitas  ini  cenderung  lebih  tinggi  dari  koefisien
                 korelasi antar bagian genap dan ganjil sebagaimana telah
                 dihitung.
              3.  Memberikan    seperangkat   tes   yang    didalamnya
                 mengandung butir-butir instrumen unidimensi, sehingga
                 instrumen tersebut tidak lagi dibelah menjadi dua bagian,
                 tetapi  dibelah  menjadi  n  bagian  yang  mana  n  adalah
                 jumlah  butir  tes.  Dalam  pendekatan  ini,  setiap  butir
                 instrumen dianggap merupakan bagian dari keseluruhan
                 perangkat  instrumen.  Dengan  demikian,  diasumsikan
                 bahwa  setiap  peserta  tes  atau  responden  mendapatkan
                 pengukuran  sebanyak  n  kali  menggunakan  instrumen
                 yang sama atau relevan. Pendekatan ini digunakan dalam
                 rumus  Alpha-Cronbach  dan  rumus  Kuder  Richardson
                 (KR).
                   Rumus  Alpha-Cronbach,  digunakan  jika  skor  hasil
                 pengukuran tidak dapat dibelah menjadi 2 bagian, karena
                 tidak memiliki variansi yang sama, atau tidak cukup bukti
                 bahwa belahan skor hasil pengukuran adalah paralel dan
                 homogen (Mardapi, 2012, Cronbach, 1985).

                                                                   131
   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147