Page 172 - Evaluasi Pembelajaran
P. 172
BAB VI
MENGUBAH SKOR MENJADI NILAI
P
ada bagian sebelumnya sudah ditegaskan perbedaan
antara skor dengan nilai. Skor merupakan ukuran
kuantitatif berupa angka yang dihasilkan dari pengukuran,
sedangkan nilai adalah adalah ukuran kualitatif yang
merupakan hasil pengolahan terhadap skor. Dari perbedaan
tersebut, juga terdapat dua istilah penting, yakni pengukuran
dan penilaian. Mengukur adalah membandingkan ukuran
obyek yang diukur terhadap standar tertentu. Pengukuran
menggunakan instrumen pengukuran. Sedangkan menilai
adalah merubah skor menjadi nilai. Penilaian tidak
membutuhkan instrumen. Penilaian membutuhkan teknik
dan kemampuan analisis dari evaluator, dan kadangkala juga
membutuhkan alat bantu dan beberapa konsep perhitungan.
Terdapat dua pendekatan yang digunakan dalam merubah
skor menjadi nilai. Dengan kata lain, ada dua pendekatan
penilaian,, yakni Penilaian Acuan Normatif dan Penilaian
Acuan Patokan (Aries, 2011, Mansyur, dkk, 2009, Cyrs, 2010).
Kedua jenis pendekatan penilaian tersebut akan dibahas
sebagai berikut:
A. Penilaian Acuan Normatif (PAN)
Penilaian acuan normatif atau PAN, adalah pendekatan
penilaian yang diberikan kepada seorang peserta didik
dibandingkan peserta didik lainnya dalam kelompoknya.
Pendekatan PAN merupakan pendekatan komparatif antar
peserta didik, dimana kinerja seorang peserta didik
161