Page 172 - Evaluasi Pembelajaran
P. 172

BAB VI

                            MENGUBAH SKOR MENJADI NILAI





            P
                ada  bagian  sebelumnya  sudah  ditegaskan  perbedaan
                antara  skor  dengan  nilai.  Skor  merupakan  ukuran
            kuantitatif  berupa  angka  yang  dihasilkan  dari  pengukuran,
            sedangkan  nilai  adalah  adalah  ukuran  kualitatif  yang
            merupakan hasil pengolahan terhadap skor. Dari perbedaan
            tersebut, juga terdapat dua istilah penting, yakni pengukuran
            dan  penilaian.  Mengukur  adalah  membandingkan  ukuran
            obyek  yang  diukur  terhadap  standar  tertentu.  Pengukuran
            menggunakan  instrumen  pengukuran.  Sedangkan  menilai
            adalah  merubah  skor  menjadi  nilai.  Penilaian  tidak
            membutuhkan  instrumen.  Penilaian  membutuhkan  teknik
            dan kemampuan analisis dari evaluator, dan kadangkala juga
            membutuhkan alat bantu dan beberapa konsep perhitungan.

               Terdapat dua pendekatan yang digunakan dalam merubah
            skor  menjadi  nilai.  Dengan  kata  lain,  ada  dua  pendekatan
            penilaian,,  yakni  Penilaian  Acuan  Normatif  dan  Penilaian
            Acuan Patokan (Aries, 2011,  Mansyur, dkk, 2009, Cyrs, 2010).
            Kedua  jenis  pendekatan  penilaian  tersebut  akan  dibahas
            sebagai berikut:

            A. Penilaian Acuan Normatif (PAN)
               Penilaian  acuan  normatif  atau  PAN,  adalah  pendekatan
            penilaian  yang  diberikan  kepada  seorang  peserta  didik
            dibandingkan  peserta  didik  lainnya  dalam  kelompoknya.
            Pendekatan  PAN  merupakan  pendekatan  komparatif  antar
            peserta  didik,  dimana  kinerja  seorang  peserta  didik


                                                                   161
   167   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177