Page 185 - Evaluasi Pembelajaran
P. 185
21 15 CUKUP
22 16 CUKUP
23 15 CUKUP
24 17 CUKUP
25 14 CUKUP
2. Menggunakan kriteria logis
Yang dimaksud dengan kriteria logis di sini adalah
batasan-batasan rentang atau interval skor yang
disepakati oleh beberapa fihak atau para evaluator,
sehingga hal itu dapat dijadikan dasar dan pedoman
dalam memberi nilai. Contoh pedoman perubahan skor
menjadi nilai yang menggunakan kriteria logis adalah
pedoman pemberian nilai untuk mata kuliah tertentu
yang berlaku di beberapa perguruan tinggi, yakni:
Tabel 6.11. Contoh pedoman penilaian secara logis
Batasan rentang skor Nilai angka Nilai huruf
0-39 0 E
40-55 1 D
56-69 2 C
70-79 3 B
80-100 4 A
Dari tabel di atas tampak bahwa interval dari masing-
masing kategori dan kriteria adalah berbeda-beda. Hal ini
didasarkan pada kesepakatan dan pengalaman semata.
3. Membandingkan skor antar kelompok
Sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya, ciri
utama penilaian menggunakan pendekatan PAN adalah,
posisi atau nilai seseorang hanya dapat dibandingkan
174