Page 185 - Evaluasi Pembelajaran
P. 185

21               15              CUKUP
                      22               16              CUKUP

                      23               15              CUKUP
                      24               17              CUKUP
                      25               14              CUKUP


            2.  Menggunakan kriteria logis
                  Yang  dimaksud  dengan  kriteria  logis  di  sini  adalah
               batasan-batasan  rentang  atau  interval  skor  yang
               disepakati  oleh  beberapa  fihak  atau  para  evaluator,
               sehingga  hal  itu  dapat  dijadikan  dasar  dan  pedoman
               dalam  memberi  nilai.  Contoh  pedoman  perubahan  skor
               menjadi  nilai  yang  menggunakan  kriteria  logis  adalah
               pedoman  pemberian  nilai  untuk  mata  kuliah  tertentu
               yang berlaku di beberapa perguruan tinggi, yakni:
                       Tabel 6.11. Contoh pedoman penilaian secara logis
               Batasan rentang skor     Nilai angka      Nilai huruf
                       0-39                  0                E
                      40-55                  1                D

                      56-69                  2                C
                      70-79                  3                B
                     80-100                  4                A


                  Dari tabel di atas tampak bahwa interval dari masing-
               masing kategori dan kriteria adalah berbeda-beda. Hal ini
               didasarkan pada kesepakatan dan pengalaman semata.

            3.  Membandingkan skor antar kelompok
                  Sebagaimana dijelaskan pada bagian sebelumnya, ciri
               utama  penilaian  menggunakan  pendekatan  PAN  adalah,
               posisi  atau  nilai  seseorang  hanya  dapat  dibandingkan


           174
   180   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190