Page 186 - Evaluasi Pembelajaran
P. 186

dengan  nilai  orang  lain  dalam  kelompoknya.  Hal  ini
                 menimbulkan  kesulitan,  ketika  guru  atau  evaluator
                 berhadpan dengan beberapa kelas parallel. Adanya kelas
                 kelas parallel, menimbulkan kebutuhan komparatif, yakni
                 kebutuhan untuk membandingkan nilai antar kelompok.
                 Karena  norma  atau  pembandingnya  adalah  di  dlalam
                 kelompok,  maka  nilai  yang  diolah  menggunakan
                 pendekatan  PAN  tersebut  tidak  dapat  dibandingkan
                 secara  langsung.  Pembandingan  nilai  antar  kelompok
                 membutuhkan      analisis   statistika   menggunakan
                 pendekatan kurva Normal standar.

                   Secara    statistika,   suatu   sebaran   skor   yang
                 berdistribusi  Normal  dan  disusun  berdasarkan  norma
                 tertentu  dapat  dibandingkan  dengan  sebaran  lain  yang
                 sejenis,  dengan  cara  menyatakan  sebaran  tersebut  ke
                 dalam  distribusi  Normal  standar  (Glass  &  Hopkins,
                 1984). Distribusi Normal standar sering disebut sebagai
                 distribusi Z. Caranya adalah dengan mengubah skor yang
                 diperoleh  seseorang  ke  dalam  skor  Z,  dengan  rumus
                 sebagai berikut:


                 Z score = (Xi- ẍ )/SBx)


                 Dimana :
                 Z score = nilai z seseorang
                 Xi   = skor hasil pengukuran yang diperoleh seseorang

                 ẍ    = rata-rata skor pada kelompok yang bersangkutan
                 SBx  = simpangan baku skor pada kelompok yang
                        bersangkutan
                   Misalkan diketahui  skor  tes  mata  pelajaran  IPS  yang
                 diperoleh seorang peserta tes yang berada kelas A adalah
                 80, dan rata-rata skor hasil tes IPS pada kelas A adalah 60


                                                                   175
   181   182   183   184   185   186   187   188   189   190   191