Page 58 - Evaluasi Pembelajaran
P. 58
- Susunlah stem soal berdasarkan tujuan
pengukuran yang telah ditetapkan dan aspek
hasil belajar kognitif yang akan diukur.
- Rumusan stem soal menggunakan kalimat yang
singkat, tegas, jelas, dan hanya mengandung satu
pokok masalah, sehingga mudah difahami peserta
tes.
- Hindari rumusan stem soal yang mengarah pada
kunci jawaban.
- Susunlah kunci jawaban segera setelah menyusun
stem soal
- Kunci jawaban merupakan kata atau kalimat yang
pasti.
c. Tes Menjodohkan
Tes menjodohkan adalah tes yang terdiri dari dua
bagian atau dua kolom, yang mana peserta tes
diminta menghubungkan, menjodohkan,
mencocokkan, atau menyesuaikan antara
pernyataan pada kolom pertama dengan jawaban
pada kolom kedua. Biasanya pernyataan/pertanyaan
yang merupakan stem soal diletakkan di kolom
pertama (kolom kiri) dan pilihan jawaban diletakkan
di kolom kedua (kolom kanan).
Tes menjodohkan umumnya digunakan untuk
mengukur aspek-aspek kognitif yang bersifat
hubungan sederhana, asosiatif, atau relasi antar
fakta.
Kelebihan tes menjodohkan antara lain:
- Materi pengukuran dapat mencakup materi
pembelajaran yang luas.
- Lebih mudah dikerjakan oleh peserta tes.
- Proses koreksi dan pemberian skor cukup mudah.
47