Page 58 - Evaluasi Pembelajaran
P. 58

- Susunlah   stem    soal   berdasarkan    tujuan
                        pengukuran  yang  telah  ditetapkan  dan  aspek
                        hasil belajar kognitif yang akan diukur.
                      - Rumusan  stem  soal  menggunakan  kalimat  yang
                        singkat, tegas, jelas, dan hanya mengandung satu
                        pokok masalah, sehingga mudah difahami peserta
                        tes.

                      - Hindari rumusan stem soal yang mengarah pada
                        kunci jawaban.

                      - Susunlah kunci jawaban segera setelah menyusun
                        stem soal
                      - Kunci jawaban merupakan kata atau kalimat yang
                        pasti.
                  c.  Tes Menjodohkan
                        Tes menjodohkan adalah tes yang terdiri dari dua
                     bagian  atau  dua  kolom,  yang  mana  peserta  tes
                     diminta       menghubungkan,        menjodohkan,
                     mencocokkan,      atau    menyesuaikan      antara
                     pernyataan  pada  kolom  pertama  dengan  jawaban
                     pada kolom kedua. Biasanya pernyataan/pertanyaan
                     yang  merupakan  stem  soal  diletakkan  di  kolom
                     pertama (kolom kiri) dan pilihan jawaban diletakkan
                     di kolom kedua (kolom kanan).
                        Tes  menjodohkan  umumnya  digunakan  untuk
                     mengukur  aspek-aspek  kognitif  yang  bersifat
                     hubungan  sederhana,  asosiatif,  atau  relasi  antar
                     fakta.

                     Kelebihan tes menjodohkan antara lain:
                      - Materi  pengukuran  dapat  mencakup  materi
                        pembelajaran yang luas.
                      - Lebih mudah dikerjakan oleh peserta tes.
                      - Proses koreksi dan pemberian skor cukup mudah.


                                                                     47
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63