Page 63 - Evaluasi Pembelajaran
P. 63

- Mampu  mengukur  hasil  belajar  kognitif  pada
                      aspek yang kompleks.
                     - Membantu  peserta  tes  untuk  menumbuhkan
                      kemampuan menulis dan berfikir kreatif.

                     - Memperkecil peluang menjawab secara tebakam
                   Sedangkan beberapa kelemahannya antara lain:
                     - Cakupan materi tes lebih terbatas.

                     - Jawaban  yang  panjang  oleh  peserta  tes
                      menyebabkan evaluator sulit menetapkan jumlah
                      butir tes dalam jumlah banyak.
                     - Membutuhkan     waktu   relatif   lama   dalam
                      menjawab soal tes.
                     - Meskipun  jawaban  pasti  sudah  ditetapkan  oleh
                      evaluator,  tetapi  variasi  jawaban  peserta  tes
                      dapat  bersifat  interpretatif  sehingga   bisa
                      menyulitkan pemberian skor dan mempengaruhi
                      obyektivitas evaluator.

                     - Relatif  membutuhkan  waktu  dan  energi  untuk
                      koreksi jawaban.
                     - Skor  hasil  pengukuran  dapat  terganggu  oleh
                      kualitas  tulisan  dan  kemampuan  menyusun
                      kalimat dari peserta tes.
                     - Skor  hasil  pengukuran  dapat  dipengaruhi  oleh
                      kemampuan  peserta  tes  dalam  memahami
                      pertanyaan secara tepat.
                     - Memungkinkan  terjadinya  halo-effect,  yakni
                      kecenderungan  untuk  memberi  skor  lebih  tinggi
                      pada peserta tes yang dikenal sebagai peserta tes
                      yang  pintar.  Demikian  juga  sebaliknya  pada
                      peserta tes yang kurang pintar.
                     - Pemberian  skor  yang  dapat  bersifat  subyektif
                      menyebabkan  tingkat  ketepatan  (validitas)  dan

           52
   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67   68