Page 59 - Evaluasi Pembelajaran
P. 59

- Memiliki nilai kebenaran lebih pasti karena hanya
                      ada satu jawaban benar.
                   Sedangkan kelemahan tes menjodohkan adalah :
                     - Sulit  digunakan  untuk  mengukur  aspek-aspek
                      hasil  belajar  kognitif  yang  kompleks  seperti  C4,
                      C5 dan C6.

                     - Peserta  tes  tidak  diberikan  kebebasan  untuk
                      mengemukakan  ide  dan  pendapat  mendalam
                      tentang  materi  yang  diukur,  karena  terbatasnya
                      kalimat jawaban.
                     - Evaluator tidak dapat mengetahui proses berfikir
                      peserta tes,

                   Beberapa  kaidah  yang  harus  dipenuhi  saat
                   penyusunan butir soal tes menjodohkan antara lain:
                     - Susunlah   stem   soal   berdasarkan    tujuan
                      pengukuran  yang  telah  ditetapkan  dan  aspek
                      hasil belajar kognitif yang akan diukur.
                     - Akan  sangat  baik  jika  rumusan  stem  soal
                      mengukur  aspek  yang  homogen,  sehingga
                      alternatif jawaban juga homogen.
                     - Rumusan  stem  soal  diletakkan  di  kolom  kiri
                      menggunakan  kalimat  yang  singkat,  tegas,  jelas,
                      dan  hanya  mengandung  satu  pokok  masalah,
                      sehingga mudah difahami peserta tes.
                     - Susunlah kunci jawaban segera setelah menyusun
                      stem soal yang diletakkan di kolom kanan beserta
                      pedoman penskorannya.
                     - Usahakan  kunci  jawaban  merupakan  satu  kata
                      yang pasti.

                     - Usahakan  jumlah  stem  soal  lebih  sedikit
                      dibandingkan    jumlah    alternatif   jawaban.
                      Disarankan jumlah alternatif jawaban minimal 1,5
                      kali dari jumlah pertanyaan stem soal.
           48
   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64