Page 59 - Evaluasi Pembelajaran
P. 59
- Memiliki nilai kebenaran lebih pasti karena hanya
ada satu jawaban benar.
Sedangkan kelemahan tes menjodohkan adalah :
- Sulit digunakan untuk mengukur aspek-aspek
hasil belajar kognitif yang kompleks seperti C4,
C5 dan C6.
- Peserta tes tidak diberikan kebebasan untuk
mengemukakan ide dan pendapat mendalam
tentang materi yang diukur, karena terbatasnya
kalimat jawaban.
- Evaluator tidak dapat mengetahui proses berfikir
peserta tes,
Beberapa kaidah yang harus dipenuhi saat
penyusunan butir soal tes menjodohkan antara lain:
- Susunlah stem soal berdasarkan tujuan
pengukuran yang telah ditetapkan dan aspek
hasil belajar kognitif yang akan diukur.
- Akan sangat baik jika rumusan stem soal
mengukur aspek yang homogen, sehingga
alternatif jawaban juga homogen.
- Rumusan stem soal diletakkan di kolom kiri
menggunakan kalimat yang singkat, tegas, jelas,
dan hanya mengandung satu pokok masalah,
sehingga mudah difahami peserta tes.
- Susunlah kunci jawaban segera setelah menyusun
stem soal yang diletakkan di kolom kanan beserta
pedoman penskorannya.
- Usahakan kunci jawaban merupakan satu kata
yang pasti.
- Usahakan jumlah stem soal lebih sedikit
dibandingkan jumlah alternatif jawaban.
Disarankan jumlah alternatif jawaban minimal 1,5
kali dari jumlah pertanyaan stem soal.
48