Page 87 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 87

inti cerita yang telah disampaikan dan nilainilai yang
                    dapat  diambil.  Melalui  cerita  tersebut,  kita  dapat
                    belajar  tentang  apa saja?  Setelah  itu  pendongeng
                    dapat      mengajak audience untuk       gemar
                    membaca dan    merekomendasikan     buku-buku
                    bacaan  yang  sesuai  dengan  tema  yang  tadi sudah
                    didongengkan atau  merekomendasikan buku-buku
                    dengan tema lain yang isinya menarik, sarat dengan
                    nilai-nilai  positif,  dan  sesuai  dengan  usia
                    dan perkembangan psikologis anak-anak.

                Psikodrama
                1.  Definisi

                    Psikodrama adalah salah satu bentuk variasi terapi
                kelompok  yang  dikembangkan  oleh  J.L  Moreno  pada
                tahun 1946, dimana pasien didorong untuk memainkan
                suatu peran emosional didepan para penonton tanpa ia
                sendiri  pernah  dilatih  sebelumnya.  Tujuan  dari
                psikodrama ini adalah membantu seorang pasien atau
                sekelompok  pasien  untuk  mengatasi  masalah-masalah
                pribadi dengan menggunakan permainan peran, drama,
                atauerapi tindakan. Lewat cara-cara ini pasien dibantu
                untuk  mengungkapkan  perasaan-perasaan  tentang
                konflik,  kemarahan,  agresi,  perasaan  bersalah  dan
                kesedihan.  Moreno  (dalam  Semium,  2006)  melihat
                emosi-emosi   yang   terpendam   dapat   dibongkar
                (kompleks-kompleks  emosional  dihilangkan  dengan
                membawanya  ke  kesadaran  dan  membuat  energi
                emosional  diungkapkan  atau katarsis)  .  Fong  (Clark  &
                Gage, 2010) Mengemukakan bahwa psikodrama adalah
                sebuah bentuk seni terapi dimana konselor mendorong
                klien untuk menggunakan tubuh mereka sebagai media


                                      76
   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92