Page 82 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 82

maksudnya storytelling dapat  menjadi  sarana
                           untuk  mendidik  tanpa  perlu  menggurui.  Pada
                           saat  mendengarkan  dongeng,  anak  dapat
                           menikmati  cerita  dongeng  yang  disampaikan
                           sekaligus memahami nilai-nilai atau pesan yang
                           terkandung dari cerita dongeng tersebut tanpa
                           perlu  diberi  tahu  secara  langsung atau
                           mendikte. Pendongeng hanya mendongengkan
                           tanpa  perlu  menekankan  atau membahas
                           tersendiri mengenai nilai-nilai yang terkandung
                           dalam cerita dongeng tersebut.
                       b.  Mampu      melatih    daya     konsentrasi.
                           Storytelling sebagai  media  informasi  dan
                           komunikasi yang digemari anak-anak, melatih
                           kemampuan  mereka  dalam  memusatkan
                           perhatian untuk beberapa saat terhadap objek
                           tertentu.  Ketika  seorang  anak  sedang  asyik
                           mendengarkan dongeng, biasanya mereka tidak
                           ingin       diganggu.        Hal        ini
                           menunjukkan     bahwa      anak     sedang
                           berkonsentrasi mendengarkan dongeng.
                       c.  Mendorong    anak   mencintai   buku   dan
                           merangsang      minat      baca      anak.
                           Storytelling dengan   media   buku    atau
                           membacakan cerita kepada anak-anak ternyata
                           mampu mendorong anak untuk mencintai buku
                           dan gemar membaca. Anak dapat berbicara dan
                           mendengar  sebelum  ia  belajar  membaca.
                           Tulisan  merupakan  sistem  sekunder  bahasa,
                           yang  pada  awal membaca  harus  dihubungkan
                           dengan  bahasa  lisan.  Oleh  karena  itu,
                           pengembangan sistem bahasa yang baik sangat

                                         71
   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87