Page 82 - BK PRIBADI SOSIAL Biblioterapi, Melalui Kisah Pribadi Diasah
P. 82
maksudnya storytelling dapat menjadi sarana
untuk mendidik tanpa perlu menggurui. Pada
saat mendengarkan dongeng, anak dapat
menikmati cerita dongeng yang disampaikan
sekaligus memahami nilai-nilai atau pesan yang
terkandung dari cerita dongeng tersebut tanpa
perlu diberi tahu secara langsung atau
mendikte. Pendongeng hanya mendongengkan
tanpa perlu menekankan atau membahas
tersendiri mengenai nilai-nilai yang terkandung
dalam cerita dongeng tersebut.
b. Mampu melatih daya konsentrasi.
Storytelling sebagai media informasi dan
komunikasi yang digemari anak-anak, melatih
kemampuan mereka dalam memusatkan
perhatian untuk beberapa saat terhadap objek
tertentu. Ketika seorang anak sedang asyik
mendengarkan dongeng, biasanya mereka tidak
ingin diganggu. Hal ini
menunjukkan bahwa anak sedang
berkonsentrasi mendengarkan dongeng.
c. Mendorong anak mencintai buku dan
merangsang minat baca anak.
Storytelling dengan media buku atau
membacakan cerita kepada anak-anak ternyata
mampu mendorong anak untuk mencintai buku
dan gemar membaca. Anak dapat berbicara dan
mendengar sebelum ia belajar membaca.
Tulisan merupakan sistem sekunder bahasa,
yang pada awal membaca harus dihubungkan
dengan bahasa lisan. Oleh karena itu,
pengembangan sistem bahasa yang baik sangat
71