Page 84 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 84

kesatuan  bangsa  yang  kita  kenal  dengan  semboyan
            ―Bhinneka  Tunggal  Ika‖,  yang  mengandung  makna
            meskipun  Indonesia  berbhinneka,  tetapi  terintegrasi  dalam
            kesatuan. Hal ini merupakan sebuah keunikan tersendiri bagi
            bangsa  Indonesia  yang  bersatu  dalam  suatu  kekuatan  dan
            kerukunan  beragama,  berbangsa  dan  bernegara  yang  harus
            diinsafi  secara  sadar.Namun,  kemajemukan  terkadang
            membawa  berbagai  persoalan  dan  potensi  konflik  yang
            berujung  pada  perpecahan.  Hal  ini  menggambarkan  bahwa
            pada  dasarnya,  tidak  mudah  mempersatukan  suatu
            keragaman  tanpa  didukung  oleh  kesadaran  masyarakat
            multikultural(Hidayat,  2019).  Terlebih,  kondisi  masyarakat
            Indonesia adalah masyarakat yang paling majemuk di dunia,
            selain Amerika. (Syafiq A. Mughni 2008).
                  Masyarakat  plural  Indonesia  selalu  dihadapkan  pada
            persoalan  politis  dan  social  yaitu  bagaimana  mencapai
            tingkat  integritas  yang  bersifat  nasional.  Baik  bersifat
            horizontal,  yaitu  hubungan  antar  warga  yang  beda  latar
            belakang  budayanya  maupun  secara  vertical  menghadapi
            berbagai  macam  bentuk  hubungan  dengan  pemimpinnya
            tidak mungkin dilepaskan dari statifikasi sosialnya.

            Karakteristik Multikultur

                  Pierre L van de Berghe(Hidayat, 2019) mengemukakan
            bahwa  masyarakat  multikultur  mempunyai  beberapa
            karakteristik yang khas, sebagai berikut :
              a)  Masyarakat dalam sigmentasi dalam bentuk kelompok-
                  kelompok latar budatya, sub-budayayang berbeda.
              b)  Memiliki  struktur  social  yang  terbagi-bagi  dalam
                  lembaga yang bersifat non-komplementer.





                                  Context Communication: the sosiology of culture   77
   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89