Page 32 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 32
digunakan adalah konseling, dan remedial teaching.
5. Fungsi Penyaluran, yaitu fungsi bimbingan dan
konseling dalam membantu konseli memilih kegiatan
ekstrakurikuler, jurusan atau program studi, dan
memantapkan penguasaan karir atau jabatan yang
sesuai dengan minat, bakat, keahlian dan ciri-ciri
kepribadian lainnya. Dalam melaksanakan fungsi ini,
konselor perlu bekerja sama dengan pendidik lainnya
di dalam maupun di luar lembaga pendidikan.
6. Fungsi Adaptasi, yaitu fungsi membantu para pelaksana
pendidikan, kepala Sekolah/Madrasah dan staf,
konselor, dan guru untuk menyesuaikan program
pendidikan terhadap latar belakang pendidikan,
minat, kemampuan, dan kebutuhan konseli. Dengan
menggunakan informasi yang memadai mengenai
konseli, pembimbing/ konselor dapat membantu para
guru dalam memperlakukan konseli secara tepat,
baik dalam memilih dan menyusun materi Sekolah/
Madrasah, memilih metode dan proses pembe-lajaran,
maupun menyusun bahan pelajaran sesuai dengan
kemampuan dan kecepatan konseli.
7. Fungsi Penyesuaian, yaitu fungsi bimbingan dan
konseling dalam membantu konseli agar dapat
menyesuaikan diri dengan diri dan lingkungan nya
secara dinamis dan konstruktif.
8. Fungsi Perbaikan, yaitu fungsi bimbingan dan konseling
untuk membantu konseli sehingga dapat memperbaiki
kekeliruan dalam berfikir, berperasaan dan bertindak.
Konselor melakukan intervensi terhadap konseli supaya
memiliki pola berfikir yang sehat, rasional dan memiliki
perasaan yang tepat sehingga dapat mengantar-kan
mereka kepada tindakan atau kehendak yang produktif
dan normatif.
Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir 19