Page 34 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 34

memaksimal-kan perkembangan keunikannya tersebut.
                    Prinsip  ini juga berarti bahwa yang  menjadi fokus
                    sasaran bantuan  adalah  konseli,  meskipun pelayanan
                    bimbingannya menggunakan teknik kelompok.
                3.  Bimbingan  menekankan  hal  yang  positif. Dalam
                    kenyataan  masih ada  konseli yang  memiliki  persepsi
                    yang  negatif terhadap bimbingan,  karena bimbingan
                    dipandang sebagai satu  cara yang menekan aspirasi.
                    Sangat   berbeda   dengan   pandangan    tersebut,
                    bimbingan sebenarnya merupakan proses  bantuan
                    yang  menekankan  kekuatan  dan kesuksesan, karena
                    bimbingan merupakan cara untuk  membangun
                    pandangan  yang  positif  terhadap diri  sendiri,
                    memberikan dorongan, dan peluang untuk berkembang.

                4.  Bimbingan dan konseling Merupakan Usaha Bersama.
                    Bimbingan  bukan  hanya  tugas atau  tanggung  jawab
                    konselor, tetapi juga  tugas guru-guru  dan kepala
                    Sekolah/Madrasah sesuai  dengan tugas dan peran
                    masing-masing. Mereka bekerja sebagai teamwork.
                5.  Pengambilan Keputusan Merupakan Hal yang Esensial
                    dalam Bimbingan dan konseling. Bimbingan diarahkan
                    untuk membantu konseli agar dapat melakukan pilihan
                    dan mengambil  keputusan.  Bimbingan  mempunyai
                    peranan  untuk  memberikan informasi  dan nasihat
                    kepada konseli, yang itu semua sangat penting baginya
                    dalam mengambil keputusan. Kehidupan konseli
                    diarahkan oleh tujuannya, dan bimbingan memfasilitasi
                    konseli untuk memper-timbangkan, menyesuaikan diri,
                    dan menyempurnakan tujuan  melalui  pengambilan
                    keputusan  yang  tepat.  Kemampuan  untuk  membuat
                    pilihan secara tepat bukan kemam-puan  bawaan,
                    tetapi kemampuan yang harus dikembangkan. Tujuan
                    utama bimbingan adalah mengembangkan kemampuan

                         Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir  21
   29   30   31   32   33   34   35   36   37   38   39