Page 38 - Bimbingan Karir Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir
P. 38

10.  Asas Keahlian, yaitu asas bimbingan dan konseling yang
                    menghendaki agar pelayanan dan kegiatan bimbingan
                    dan konseling diselenggarakan atas dasar kaidah-kaidah
                    profesional. Dalam  hal  ini, para  pelaksana  pelayanan
                    dan kegiatan  bimbingan dan konseling hendaklah
                    tenaga yang benar-benar ahli dalam bidang bimbingan
                    dan konseling. Keprofesionalan  guru pembimbing
                    harus terwujud baik dalam penyelenggaraan jenis-jenis
                    pelayanan dan kegiatan dan konseling maupun dalam
                    penegakan kode etik bimbingan dan konseling.
               11.  Asas Alih Tangan Kasus, yaitu  asas bimbingan dan
                    konseling yang menghendaki agar pihak-pihak  yang
                    tidak mampu menyelenggarakan pelayanan bimbingan
                    dan  konseling  secara  tepat  dan  tuntas  atas  suatu
                    permasalahan  konseli (konseli) mengalihtangankan
                    permasala-han itu kepada pihak yang lebih ahli. Guru
                    pembimbing  dapat  menerima alih tangan kasus dari
                    orang tua, guru-guru lain, atau ahli lain ; dan demikian
                    pula  guru pembimbing  dapat  mengalih-tangankan
                    kasus kepada  guru  mata  pelajaran/praktik  dan lain-
                    lain.
              D. Tujuan Bimbingan dan Konseling

                  Tujuan pelayanan bimbingan ialah agar konseli dapat: (1)
              merencanakan kegiatan  penyelesaian studi, perkembangan
              karir serta kehidupan-nya  di masa  yang  akan  datang;
              (2) mengembangkan  seluruh potensi dan kekuatan  yang
              dimilikinya seoptimal  mungkin; (3)  menyesuaikan diri
              dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat serta
              lingkungan kerjanya; (4) mengatasi hambatan dan kesulitan
              yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan
              pendidikan, masyarakat, maupun lingkungan kerja.
                  Untuk  mencapai  tujuan-tujuan  tersebut, mereka
              harus  mendapatkan kesempatan  untuk:  (1)  mengenal dan

                         Paradigma, Dimensi, dan Problematika Perencanaan Karir  25
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43